CEO Koran Sindo Resmi Buka Nusantara Run

Minggu, 22 Maret 2015 - 08:20 WIB
CEO Koran Sindo Resmi Buka Nusantara Run
CEO Koran Sindo Resmi Buka Nusantara Run
A A A
JAKARTA - Event olahraga lari bertajuk Nusantara Run resmi dibuka di Plaza Tenggara Senayan, komplek olahraga Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (22/3/2015). Sebanyak 4000 peserta berpartisipasi dalam acara lomba lari berkostum daerah pertama di Indonesia.

Antusiasme peserta begitu terasa dalam kegiatan ini. Sejak satu jam sebelum start dimulai, tepatnya pukul 06.00 WiB, peserta yang terdiri dari remaja dan orang dewasa ini sudah bersiap untuk memenangkan perlombaan. Ada yang menggunakan batik, ada pula yang mengenakan blangkon.

Perlombaan yang dimotori Koran Sindo baru dibuka pukul 07.00 WiB, namun peserta sudah berbaris rapih beberapa menit sebelumnya untuk menyambut bendera aba-aba dimulainya perlombaan. CEO Koran Sindo Sururi Alfaruq membuka langsung lomba lari ini dengan mengibas bendera tanda dimulainya kompetisi.

Alfaruq berharap, lomba lari sambil mengenakan kostum daerah ini tidak hanya berguna untuk menyehatkan badan, akan tetapi atribut daerah yang peserta kenakan bisa mengembalikan identitas daerah yang tergerus budaya impor. "Di tengah derasnya budaya asing yang masuk ke Indonesia, Koran Sindo sebagai media berkepentingan untuk membuat keseimbangan dengan menampilkan budaya-budaya lokal kita," tuturnya disela-sela acara.

Dalam lomba lari unik ini, terdapat dua kategori yang dapat diikuti oleh masyarakat, yakni lari santai 5 kilometer dan lari tematik dengan menggunakan kostum daerah. Alfaruq mengatakan, pihak panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 25 juta untuk peserta dalam acara ini.

Nusantara Run juga diikuti berbagai komunitas di antaranya Galaxy Running Club, Rush Runners, Bola Liga, Run for Indonesia, Indorunner Tebetian, Extraordinary Jakarta Runners, Tangerang Crazy Runners, KBK, Pencinta Seni, Karang Taruna Slipi, Mom and Baby Community, Kangaroo Parkour dan PNJ Runners. "Ini adalah pengalaman pertama ikut lomba dengan tema touch of nusantara. Saya kemungkinan akan memakai batik lurik," ujar perwakilan Run for Indonesia, Mia Ningsih.

Pagelaran Nusantara Run bukan hanya lomba lari. Sejumlah kegiatan bakal dihadirkan demi menghibur para partisipan. Salah satunya adalah Remaja Batik Indonesia misalnya. Pada event ini, Remaja Batik Indonesia bakal melakukan demo membatik. Mereka juga mengajarkan bagaimana cara membatik kepada partisipan Nusantara Run.

Area Plaza Tenggara Senayan juga bakal diramaikan dengan panggung hiburan yang menghadirkan artis ternama. Di antaranya Irma Darmawangsa, Duo Kopi Susu, Oza Kioza, Devy Berlian, Lynda Moy, Asbak Band, Lights On, dan MV Chopper. Selain itu ada juga bazaar kuliner nusantara, serta lomba tari kreasi.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3609 seconds (0.1#10.140)