Jejak Si Catalan di Langit NBA

Kamis, 30 April 2015 - 16:28 WIB
Jejak Si Catalan di Langit NBA
Jejak Si Catalan di Langit NBA
A A A
MEMPHIS - Tidak banyak pebasket Eropa yang sukses di NBA. Tetapi hari ini, Marc Gasol keluar sebagai pemain terbaik saat membawa timnya, Memphis Grizzlies lolos ke babak semifinal playoff NBA 2015. Pria asal Catalan, Spanyol, mencetak double-double saat mengalahkan Portland Trail Blazers.

Gasol merupakan pemain paling menyedot perhatian di FedExForum, Kamis (30/4/2015). Bermain selama 38 menit, pemain penghuni posisi center itu tidak hanya sukses menjaga pertahanan timnya. Dia juga menyumbang 26 poin dan 14 rebound dalam misi meloloskan Grizzlies ke semifinal.

Usaha berbuah manis, Grizzlies berhasil mengunci kemenangan tipis 99-93. Meski tidak dominan, kemenangan itu memastikan satu tempat di semifinal bagi Gasol dan kolega. "Rasanya luar biasa, aku punya seorang gadis kecil di rumah dan dia akan sangat senang melihat tim ayahnya lolos," kata Gasol ketika meluapkan kegembiraannya, dikutip ESPN, Kamis (30/4/2015).

Bagi Gasol, ini merupakan kali ketiga secara beruntun dia berhasil mengantarkan Grizzlies lolos ke semifinal playoff NBA. Musim ini, Grizzlies akan berhadapan dengan tim terbaik di Wilayah Barat, Golden State Warriors, yang telah lebih dulu memastikan lolos.

Pelatih Grizzlies, Dave Joerger mengatakan, keberadaan Gasol di lapangan telah membuat perbedaan berarti. Menurutnya, Gasol tidak hanya menyuguhkan teknik, tetapi sebagai salah seorang pemain yang cukup senior di Memphis, dia sukses membakar semangat rekan-rekannya.

"Mencari pemain yang memiliki teknik seperti Marc (Gasol) mungkin bisa dilakukan, tetapi saya ragu ada pemain yang sosoknya benar-benar seperti Marc. Dia luar biasa," kata Joerger. (Baca juga : Anthony Davis Si Penangkal Kutukan)

Profil Marc Gasol
Nama Lengkap : Marc Gasol Saez
Kelahiran : Barcelona, 29 Januari 1985
Kebangsaan : Spanyol
Tinggi : 2.15 m
Berat : (105 kg)
Posisi : Center

Karir dan prestasi basket
- Klub Basket di Lausanne Collegiate School di kota Memphis pada 2001
- Mendapat beasiswa dan terpilih sebagai pemain utama di tingkat Universitas oleh Los Angeles Lakers pada 2003
- Kembali ke Spanyol dan memperkuat klub basket Barcelona pada 2003 - 2006

Karir Profesional Basket
2006 - 2008 Memperkuat tim basket Spanyol, Akasvayu Girona
2008 - sekarang Menjadi pemain utama Memphis Grizzlies
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4298 seconds (0.1#10.140)