Mayweather, Calon Peraih Rekor Tinju Dunia

Selasa, 12 Mei 2015 - 18:01 WIB
Mayweather, Calon Peraih Rekor Tinju Dunia
Mayweather, Calon Peraih Rekor Tinju Dunia
A A A
LAS VEGAS - Superstar tinju Amerika Serikat, Floyd Mayweather Jr berpeluang memecahkan rekor 49 kemenangan beruntun yang dipegang petinju legendaris Rocky Marciano. Hanya kurang dua kemenangan lagi bagi petinju berjuluk The Money untuk mewujudkan ambisinya.

Hasrat Mayweather untuk memutus rekor gemilang Marciano sangat terasa ketika dia kembali bertarung usai memutuskan pensiun pada bulan September tahun lalu. Peluang The Money untuk menggapai rekor Marciano bahkan terbuka lebar setelah dia mengalahkan Manny Pacquiao dalam mega duel awal bulan Mei 2015 lalu.

Pada duel itu, Mayweather dianggap menang angka 118-110, 116-112, dan 116-112. Hasil tersebut membuat Mayweather meraih kemenangannya yang ke-48.

Marciano, yang rekor 49 kemenangan beruntunya terancam diputus Mayweather merupakan satu-satunya petinju kelas berat yang pensiun tanpa pernah dikalahkan. Sebagian pengamat berpendapat Mayweather terobsesi dengan catatan sempurna tersebut. Bukan tidak mungkin, The Money akan memilih satu lawan lagi, pada 2016 untuk menggenapi rekor 50 kemenangan beruntun.

Namun sebelum melihat kemungkinan Mayweather mengiris rekor Marciano yang legendaris itu, berikut kita simak para petinju yang sukses menjaga rekor menang mereka dari para rival. (Baca juga : Tiga Duel Paling Glamour di Dunia Tinju)

1. Joe Calzaghe (46-0)
Mayweather, Calon Peraih Rekor Tinju Dunia

Petinju asal Wales berhasil mengemas 46 kemenangan dikelas super-middleweight dan kelas berat sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada 2009. Dia mempertahankan gelar juara dunianya dalam kurun waktu 11 tahun dan tercatat sebagai salah satu petinju paling legendaris di dunia.

2. Jack McAuliffe (30-0)

Mayweather, Calon Peraih Rekor Tinju Dunia


Pemilik nama lengkap Brooklyn McAuliffe adalah juara kelas ringan dunia selama tiga tahun sejak 1886. Meski tidak pernah kalah di 30 pertarungan sebelum memutuskan pensiun, petinju berjuluk Si Tangan Baja memiliki lima kali hasil imbang.

3. Edwin Valero (27-0)
Mayweather, Calon Peraih Rekor Tinju Dunia


Valero adalah juara kelas ringan Venezuela yang bunuh diri setelah membunuh istrinya pada tahun 2010, ketika usianya 28 tahun. Meski kehidupannya penuh dengan kontroversi, Valero merupakan petinju yang harum namanya di atas ring. Dia delapan kali menang dengan K.O dalam perjalanannya merajut 27 kemenangan beruntun.

4. Kell Brook (34-0)
Mayweather, Calon Peraih Rekor Tinju Dunia

Brook merupakan petinju asal Inggris di divisi kelas welter. Bobot dan postur tubuhnya mirip dengan Mayweather Jr. Brook dikenal sebagai petinju mematikan dengan rekor 34 kemenangan yang dia cetak dalam kurun waktu kurang dari enam tahun.

5. Gennady Golovkin (32-0)
Mayweather, Calon Peraih Rekor Tinju Dunia

Tidak ada yang cukup mengenal Golovkin sebelum petinju asal Kazakhstan itu naik ke atas ring dan membuat dirinya dilirik publik. Pada kemenangan ke-15 nya secara beruntun, BBC menyebutnya sebagai "petinju paling mematikan,". Ungkapan itu agaknya masuk akal karena Golovkin memperpanjang rekor kemenangan beruntunnya menjadi 32.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5167 seconds (0.1#10.140)