Tiga Mantan Juara Dunia Antre Temui Chunky

Rabu, 03 Juni 2015 - 22:12 WIB
Tiga Mantan Juara Dunia...
Tiga Mantan Juara Dunia Antre Temui Chunky
A A A
LONDON - Sejumlah petinju sudah mengantre ketika mendengar kabar bahwa juara dunia kelas menengah super versi IBF, James DeGale akan melakoni duel mempertahankan gelar untuk kali pertama pada Oktober mendatang. Petinju 29 tahun asal Inggris itu sukses merebut sabuk juara dunia perdananya dengan menundukkan Andre Dirrell pada 24 Mei lalu.

Merebut mahkota juara dunia juga membawa Chunky --julukan DeGale-- menjadi petinju Inggris Raya pertama yang mampu meraih medali emas Olimpiade dan selanjutnya memenangkan gelar dunia di level profesional. Prestasi itu seakan membuat DeGale menepis cemoohan yang pernah didapatnya ketika menjalani debut profesional. Beruntung, promotor Eddie Hearn dengan jeli melihat potensi yang dimiliki oleh DeGale.

Hearn sangat yakin jika sekarang semuanya telah berubah. Cemoohan yang dulu pernah diterima DeGale, sekarang berubah menjadi applaus yang meriah dari para penggemar tinju Inggris Raya. Dengan direbutnya sabuk IBF oleh DeGale, itu berarti gelar tersebut masih dikuasai oleh petinju asal Inggris, setelah sebelumnya petinju asal Nottingham, Carl Froch melowongkannya.

"Anda telah mendengar penerimaan yang diterima James DeGale, Sabtu (23/5) lalu di O2 (Arena, London)," tandas Hearn, dikutip Boxing Scene. "Dia telah pergi dari antagonis menjadi pahlawan dalam kurun 12 bulan dan itu karena orang memiliki kesempatan untuk melihat secara sesungguhnya James DeGale."

Untuk pertarungan mempertahankan gelar pertama DeGale, Hearn tengah mempertimbangkan sejumlah mantan juara dunia seperti Mikkel Kessler, Lucien Bute dan Bernard Hopkins. Kessler dan Bute sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Inggris. Pasalnya, mereka pernah bertarung dengan Froch di tanah Inggris. Sementara itu, Kessler memang sempat mengumumkan gantung tinju ada Februari lalu, namun petinju Denmark itu bisa saja meralat keputusannya apabila dia mendapatkan duel untuk gelar dunia.

Sedangkan untuk Hopkins, petinju asal Amerika Serikat kelahiran 15 Januari 1965 itu tentu berpotensi untuk memecahkan rekornya sendiri sebagai petinju tertua di dunia yang mampu menyandang gelar juara dunia jika dia menemui DeGale.

"Kami melihat mendapatkan duel di kandang sendiri pada Oktober di London. Kessler, Bute dan Hopkins semua berada dalam pertimbangan," tegas Hearn. "Bagaimanapun, James siap menyambut semua yang datang di 168 pon, dan memberikan suguhan buat penggemar di Inggris Raya."
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2634 seconds (0.1#10.140)