Su Bingtian, Pembawa Asa Atletik Asia

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 14:20 WIB
Su Bingtian, Pembawa Asa Atletik Asia
Su Bingtian, Pembawa Asa Atletik Asia
A A A
BEIJING - Kejuaraan Dunia Atletik 2015 bakal begulir di Beijing, China pada Minggu (23/8/2015). Lupakan sejenak nama tenar seperti Usain Bolt dan Justin Gatlin, Asia juga punya wakil yang siap bersaing yakni, Su Bingtian.

Bingtian, pelari kelahiran Guangdong, China, 29 Agustus 1989 ini sedang menatap rekor pribadi. Ya, dia bakal mengikuti event Dunia pertamanya di negeri sendiri.

Pelari yang pekan depan akan genap berusia 26 tahun itu disebut-sebut sebagai calon juara dunia. Pasalnya, renteten prestasi berhasil ia torehkan belakangan ini. Yang paling membekas dalam ingatan, ia adalah peraih medali emas di Asian Games tahun lalu setelah menjuarai lari estafet 4x100 meter.

Jauh sebelum Asian Games, nama Su Bingtian sebenarnya sudah mencuat ke permukaan. Ketika itu, ia berhasil merebut medali perunggu usai jadi pemenang ketiga di ajang Universiade atau Olimpiade antar-perguruan tinggi 2011 lalu.

Di tahun yang sama, Bingtian kembali memenangi lari jarak 100 meter di Kejuaraan Asia di Kobe, Jepang. Hebatnya lagi, dia mempertahankan gelarnya di ajang yang sama ketika digelar di India dua tahun berselang.

Alasan tersebut membuat Bingtian dijagokan untuk bersaing dengan Bolt dan Gatlin di Beijing nanti. Sebab selain renteten prestasi, rekor waktunya juga mengesankan. Terakhir, Bingtian menjadi pelari Asia pertama yang mencatat waktu di bawah 10 detik ketika berpacu di Diamond League 2015 di Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

"Saya sangat bangga dengan hasil ini. Saya bisa mencatat nama sendiri dalam sejarah saat ini dan saya akan tetap bekerja keras serta berlari dengan kencang," ucapnya kala itu dilansir Reuters.

Tak salah, Beijing diprediksi akan bergemuruh meneriakkan nama Bingtian sebagai idola baru yang berasal dari China. Meski ada Bolt dan Gatlin, wakil tuan rumah bakal tetap mendapat dukungan lebih banyak. Terlebih motivasi berlipat jelas didapatnya di turnamen terbesar pertamanya.

Di Kejuaraan Dunia 2015 nanti, tak hanya Bingtian yang diunggulkan dari Asia. Pelari Qatar, Femi Ogunde juga digadang-gadang bisa membuat pelari ternama dunia kewalahan. Pelari kelahiran Nigeria itu adalah juara bertahan Asian Games dalam dua periode setelah memenangi lari jarak 100 meter dan 200 meter tahun lalu, serta 200 meter dan 400 meter 2010 lalu.

Ya, mesti Bolt dan Gatlin tercatat sebagai juara olimpiade, di kejuaraan dunia kali ini dipastikan akan mendapat perlawanan sengit dari Su Bingtian. Hebatnya lagi, dia berasal dari Asia.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6988 seconds (0.1#10.140)