Waduh, Delapan Pria Diklaim Nyamar di Timnas Wanita Iran

Jum'at, 02 Oktober 2015 - 06:06 WIB
Waduh, Delapan Pria Diklaim Nyamar di Timnas Wanita Iran
Waduh, Delapan Pria Diklaim Nyamar di Timnas Wanita Iran
A A A
TEHRAN - Tim nasional sepak bola Iran kembali diguncang skandal jenis kelamin di skuatnya. Kini beredar laporan yang mengklaim delapan pemain di timnas wanita Iran masih berjenis kelamin pria.

Melansir Daily Mail, Jumat (2/10/2015), skandal tersebut mencuat berdasarkan ucapan Mojtabi Sharifi. Pejabat yang dekat dengan liga sepak bola Iran mengklaim, delapan pemain di timnas wanita saat ini belum mengganti jenis kelaminnya.

"(Delapan pemain) telah bermain dengan tim wanita Iran tanpa menyelesaikan operasi ganti kelaminnya," ungkap Sharifi.

Kedelapan pemain yang diduga pria disebut tengah menunggu operasi jenis kelaminnya. Itu artinya, selama ini mereka menyamar sebagai wanita.

Skandal seperti ini pernah terkuak pada tahun lalu di mana empat pemain dicurigai sebagai pria. Media Inggris The Telegraph yang mengusut kasusnya, membuat Federasi Sepak Bola Iran akhirnya mewajibkan adanya pengujian jenis kelamin.

Perubahan jenis kelamin di Timnas Iran memang diperbolehkan meski aturan tersebut bertentangan dengan undang-undang di Iran. Penyataan tersebut pernah dilontarkan Ahmed Hashemian, Ketua Komite Medis Federasi Sepak Bola Iran.

"Jika mereka bisa menyelesaikan masalahnya dengan operasi dan memposisikan diri memenuhi kualifikasi medis yang diperlukan, mereka bisa berpartisipasi dalam sepak bola perempuan kami," ucapnya tahun lalu.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8749 seconds (0.1#10.140)