Hot News: Blatter dan Platini Dihukum 8 Tahun

Senin, 21 Desember 2015 - 18:02 WIB
Hot News: Blatter dan Platini Dihukum 8 Tahun
Hot News: Blatter dan Platini Dihukum 8 Tahun
A A A
NYON - Sepak terjang FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia serta UEFA selaku federasi sepak bola Eropa terceoreng karena ulah mantan pemimpinnya, Sepp Blatter dan Michel Platini. Keduanya dianggap menyalahgunakan wewenang serta jabatan dalam kasus pembayaran 2 juta franc Swiss dari FIFA ke kantong Platini.

Kasus itu terjadi pada Februari 2011 lalu. Atas perbuatannya tersebut, Blatter dan Platini dihukum tak boleh aktif dalam dunia sepak bola selama delapan tahun.

"Komite etik pimpinan Hans-Joachim Eckert menghukum tuan Joseph S. Blatter dan tuan Michel Platini selama delapan tahun tak boleh aktif dalam kegiatan sepak bola di tingkat nasional dan internasional. Hukuman ini akan segera diberlakukan," tulis pernyataan resmi FIFA.

"Tuan Blatter dalam posisinya sebagai Presiden FIFA telah memberikan uang pada tuan Platini yang tidak memiliki dasar-dasar hukum dalam perjanjian tertulis yang ditandatangani kedua pejabat. Tindakan mereka tidak menghormati semua peraturan dan hukum yang berlaku di tubuh FIFA," lanjut pernyataan tersebut.

Kasus ini baru terungkap sebelum pemilihan presiden baru FIFA, Mei 2015 lalu. Selain hukuman skorsing, FIFA juga menjatuhi denda sebesar 33.700 pounds untuk Blatter dan 54.000 pounds untuk Platini.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5722 seconds (0.1#10.140)
pixels