Setengah Lusin Gol Tercipta di Laga Newcastle vs United

Rabu, 13 Januari 2016 - 04:38 WIB
Setengah Lusin Gol Tercipta di Laga Newcastle vs United
Setengah Lusin Gol Tercipta di Laga Newcastle vs United
A A A
NEWCASTLE - Setengah lusin gol tercipta ketika Newcastle United bermain imbang 3-3 melawan Manchester United di laga Boxing Day pekan ke-21. Hasil seri ini semakin menguatkan spekulasi tentang pemecatan Louis van Gaal dari kursi pelatih Setan Merah.

Pada pertandingan Boxing Day pekan ke-21, United melakukan tiga perubahan pasca memenangkan laga putaran ketiga melawan Sheffield United, akhir pekan kemarin. Ashley Young, Matteo Darmian, dan Morgan Schneiderlin jadi starter di pertandingan ini.

Perubahan yang dilakukan pelatih berkebangsaan Belanda itu berbuah manis. Pada menit kedelapan Wayne Rooney sukses membuka kran gol tim tamu melalui titik putih setelah Chancel Mbemba melakukan handsball di area terlarang. Kapten Setan Merah itu dengan mudah mengecoh kiper Robert Elliot. Itu merupakan gol ke-13 selama berhadapan dengan Newcastle.

United kembali memperbesar keunggulan pada menit ke-37 dan kali ini giliran Jesse Lingard yang mencantumkan namanya pada papan skor. Berawal dari serangan balik yang dilakukan tim tamu. Rooney yang menerima umpan terobosan berhasil menggiring bola ke jantung pertahanan lawan sebelum akhirnya mengelabui Fabricio Coloccini dengan memberikan umpan kepada Lingard.

Pemain berusia 23 tahun itu pun dengan mudah menceploskan bola ke gawang tuan rumah setelah sepakan datarnya tak mampu dibendung kiper. Tertinggal dua gol memaksa tim polesan Steve Mcclaren menekan pertahanan lawan. Hasilnya cukup memuaskan dimana Georginio Wijnaldum sukses memperkecil keadaan menjadi 1-2. (Baca juga: Lawan Newcastle, Rooney Cetak Gol ke-13)

Memasuki babak kedua, permainan kedua tim tidak mengalami perubahan. United yang unggul satu gol terlihat lebih banyak menunggu untuk melakukan serangan, sedangkan The Magpies berusaha mengejar ketertinggalan dengan menekan permainan lawan.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-54, tim tamu nyaris menggandakan keunggulan jika sepakan kaki kanan Lingard tak melenceng. Kesempatan emas itu membuat Van Gaal jengel, ia beberapa kali membenturkan badannya ke kursi setelah pemain brondongnya gagal mencetak gol.

Tak berselang lama kekesalan Van Gaal diperlihatkan dengan menarik keluar Lingard dan menggantikannya dengan Memphis Depay. Namun pergantian itu justru berbuah petaka, sebab Chris Smalling melakukan kesalahan fatal dengan menjatuhkan Aleksandar Mitrovic di kotak penalti.

Mitrovic, yang menjadi algojo sukses mengeksekusi penalti tersebut pada menit 66. 12 menit sebelum pertandingan usai, Wazza kembali mencatatkan namanya pada papan skor setelah sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti tak mampu dibendung kiper Newcastle.

Ketika pertandingan akan berakhir untuk kemenangan tim tamu. Paul Dummett berhasil memecahkan impian United dimana pemain bernomor punggung 3 itu sukses menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di menit krusial (89).

Berkat hasil imbang ini, posisi United turun satu peringkat ke urutan keenam dengan raihan 34 poin. Sementara Newcastle masih menjadi penghuni degradasi dengan 18 poin dari 21 pertandingan yang sudah dijalani.

Klik klasemen Liga Inggris

Berikut fakta menarik seputar pertandingan

1. Newcastle United telah mencetak gol pertama mereka dalam 454 menit laga kompetitif. Adalah Georginio Wijnaldum yang berhasil mengakhiri paceklik gol timnya

2. Wayne Rooney sudah mencetak 13 gol selama berhadapan dengan Newcastle United. Raihan itu hampir sama sewaktu melawan Aston Villa

3. Wayne Rooney secara total telah membukukan 19 gol melalui titik putih bersama Manchester United di musim ini. Sehingga pantas bila kapten Setan Merah itu masuk dalam daftar sejarah Premier League Inggris

4. Newcastle telah mencetak penalti Premier League pertama mereka sejak Boxing Day 2014
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6985 seconds (0.1#10.140)
pixels