Kronologis Terungkapnya Doping Maria Sharapova

Selasa, 08 Maret 2016 - 14:10 WIB
Kronologis Terungkapnya Doping Maria Sharapova
Kronologis Terungkapnya Doping Maria Sharapova
A A A
LOS ANGELES - Pencinta olah raga di dunia, khususnya tenis terkejut dengan pengakuan Maria Sharapova. Bagaimana tidak, permainan apiknya dalam satu dekade ini dibumbui dengan penggunaan doping.

Lalu bagaimana zat terlarang yang terkandung dalam meldonium bisa masuk ke tubuh petenis cantik asal Rusia itu? Kepada media, Sharapova mengaku tidak tahu kalau meldonium yang dikonsumsinya sejak 10 tahun terakhir masuk dalam daftar obat terlarang Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Tak ayal pengakuan ini pun langsung mengundang respon. Selain dikabarkan Nike sudah menunda kontrak kerjasamanya, Sharapova pun terancam sanksi dari Federasi Tenis Internasional (ITF).

Dan inilah kronologis terungkapnya penggunaan doping Sharapova yang dikutip situs resmi ITF, Selasa (8/3/2016) :
1Pada 26 Januari 2016, Sharapova memberikan sampel ke Program Anti-Doping Tenis (TADP) dalam partisipasinya di Australia Terbuka.
2Sampel yang diberikan dan di analisa oleh WADA diperoleh hasil ternyata meldonium terkandung zat terlarang di bawah pengawasan WADA dan juga TADP.
3Sesuai dengan Pasal 8.1.1 TADP, Sharapova dinyatakan bersalah pada 2 Maret sesuai dengan aturan Peraturan Pelanggaran Anti-Doping.
4Sharapova bisa menerima temuan tersebut dari meldonium dalam sampel yang dikumpulkan pada 26 Januari.
5Meldonium adalah zat terlarang yang ditemukan WADA dan masuk dalam daftar zat terlarang. Sharapova sementara waktu dinon-aktifkan sampai menunggu penentuan kasus ini.

Baca juga :
Maria Sharapova Tersandung Kasus Doping
Jennifer Capriati Minta Gelar Maria Sharapova Dilucuti
Gara-gara Doping, Maria Sharapova Terancam Kehilangan Kontrak
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4127 seconds (0.1#10.140)