Fakta Menarik Jelang Balapan di Sirkuit Losail

Rabu, 16 Maret 2016 - 17:10 WIB
Fakta Menarik Jelang Balapan di Sirkuit Losail
Fakta Menarik Jelang Balapan di Sirkuit Losail
A A A
DOHA - Seperti musim lalu, balapan perdana MotoGP 2016 akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, 17-20 Maret 2016. Sejumlah fakta menarik tersaji jelang balapan perdana di Sirkuit tersebut.

Losail merupakan satu-satunya balapan malam yang terdapat dalam kalender balap MotoGP 2016. Namun, pada awal digelarnya balapan di sana, pihak penyelenggara MotoGP menggelar balapan pada siang hari.

Pertimbangan pasir yang masuk kelintasan akibat hempasan angin di siang hari, membuat balapan di Sirkuit Losail digelar malam hari sejak 2008. Sejak saat itu pula, Losail yang dibangun di gurun pasir, terkenal sebagai sirkuit malam.

Pembalap tersukses di Losail adalah Valentino Rossi dan Casey Stoner. Keduanya sama-sama telah memenangkan empat gelar juara di sirkuit tersebut. Namun Stoner musim ini hanya jadi pembalap penguji Ducati.

Teranyar, balapan di Sirkuit Losail dimenangkan oleh Rossi. Pada musim 2015 juga menandai Losail sebagai sirkuit yang dikuasai para pembalap Italia. (Rossi 1, Andera Dovizioso 2, Andrea Iannone 3).

Ujicoba GP Qatar akan berlangsung 17-19 Maret 2016. Balapan sendiri akan digelar pada 20 Maret 2016.

Fakta menarik GP Qatar 2016,
Balapan pertama di GP Qatar digelar 2004 di Sirkuit Internasional Losail, balapan tersebut dimenangkan Sete Gibernau.
Valentino Rossi membuat pernyataan menarik saat melakoni balapan perdana di Sirkuit Losail, Qatar pada 2004. Saat itu Rossi bersumpah untuk tak lagi membiarkan Gibernau menang. "Gibernau tidak akan lagi bisa memenangkan balapan," kata Rossi pada saat itu.
Balapan teranyar di GP Qatar 2015 dimenangkan Valentino Rossi, dengan total daya jelajah motor 118.4km (22 putaran).
Pada tahun 2008, Losail untuk kali pertama menyelenggarakan balapan di malam hari. Hingga saat ini, Losail jadi satu-satunya balapan malam dalam kalender MotoGP.
Rossi dan Casey Stoner jadi dua pembalap paling banyak mengumpulkan gelar juara di GP Qatar yakni dengan empat gelar. Lorenzo dua gelar, Marc Marquez satu gelar dan Sete Gibernau satu gelar.
Fakta Menarik Jelang Balapan di Sirkuit Losail
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5782 seconds (0.1#10.140)