Gol Telat Dani Alves Selamatkan Brasil di Markas Paraguay

Rabu, 30 Maret 2016 - 10:23 WIB
Gol Telat Dani Alves Selamatkan Brasil di Markas Paraguay
Gol Telat Dani Alves Selamatkan Brasil di Markas Paraguay
A A A
ASUNCION - Paraguay gagal menumbangkan Brasil. Tampil di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, Paraguay yang sempat unggul 2-0 harus puas menyudahi laga dengan hasil imbang.

Bermain di Estadio Defensores del Chaco, Rabu (30/3/2016) pagi WIB, Paraguay membuka keunggulan berkat aksi Dario Lezcano. Pemain berusia 25 tahun ini sukses menjebol gawang Alisson Becker di menit ke-40. Mendapat umpan silang dari sayap kiri, Lezcano bisa melepaskan sepakan yang membuat bola memantul ke tanah. Alisson mati kutu dan mesti memungut bola dari sarangnya. Itu merupakan gol keempat yang dicetak Lezcano dalam lima laga terakhir bersama Paraguay.

Di babak kedua, Brasil berusaha bangkit. Demi menambah daya gedor, Carlos Dunga selaku pelatih tim menarik keluar Fernandinho dan menggantinya dengan Hulk.

Namun Paraguay tidak gentar dengan strategi tim Samba. Mereka justru bisa menambah keunggulan lewat aksi Edgar Benitez di menit 49.

Berawal dari pergerakan Roque Santa Cruz yang mengecoh tiga pemain Brasil, ia memberi umpan pada Richard Ortiz. Sang pemain kemudian mengirim si kulit bundar ke dalam kotak penalti. Benitez yang dikawal Dani Alves berhasil mencuri bola dan langsung melepaskan tendangan mendatar. Untuk kali kedua, Alisson gagal mengamankan gawangnya.

Tertinggal dua gol membuat Brasil makin sulit mengembangkan permainan. Dunga akhirnya memasukkan Lucas Lima menggantikan Luiz Gustavo guna memenangkan pertarungan bola di lini tengah. Sebaliknya, Paraguay makin nafsu menambah gol dan itu terlihat dengan masuknya Juan Manuel Iturbe di menit 70.

Tapi strategi Brasil terbukti lebih baik dari Paraguay. Pada menit 79, Ricardo Oliviera bisa memangkas ketertinggalan. Memanfaatkan bola rebound, Oliviera sukses mengubah skor jadi 1-2.

Kemenangan Paraguay akhirnya sirna di masa injury time. Berawal dari pergerakan Willian di sisi kiri pertahanan Paraguay, bola kemudian diberikan ke Dani Alves. Bek yang berkarier di Barcelona itu dengan mudahnya menyarangkan bola ke gawang kawalan Justo Villar.

Kini, kedua tim sama-sama mengantongi sembilan poin. Namun Brasil lebih baik soal torehan gol dan karenanya mereka berhak duduk di posisi enam, satu tingkat lebih tinggi dari Paraguay.

Susunan Pemain
Paraguay:
Villar; Da Silva, Gomez, Aguilar, Samudio, Gonzalez, Ortigoza, R.Ortiz (Santana 56'), E.Benitez; Lezcano (Iturbe 70'), J.Benitez (Santa Cruz 10')

Brasil:
Alisson; Dani Alves, Miranda, Gil, Filipe Luis; Fernandinho (Hulk 46'), Luiz Gustavo (Lucas Lima 70'), Renato, Willian, Douglas Costa; Oliveira (Jonas 80')
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7231 seconds (0.1#10.140)
pixels