Grup B: Profil Timnas Slovakia

Kamis, 31 Maret 2016 - 23:22 WIB
Grup B: Profil Timnas Slovakia
Grup B: Profil Timnas Slovakia
A A A
JAKARTA - Profil Timnas Slovakia
Timnas: Slovakia
Julukan:
Asosiasi: Slovensky Football Svaz (SFZ)
Pelatih: Jan Kozak
Kapten: Martin Skrtel
Top skor: Robert Vittek (23 gol)
Stadion: Stadion Antona Malatinsheko
Kode FIFA: SVK
Peringkat dunia:
Tertinggi: 25 (Juni 2015)
Terendah: 71 (Oktober 2011)
Saat ini: 26 (Maret 2016)

Profil Timnas Slovakia
Negara pecahan Cekoslovakia ini juga punya memori indah di Piala Eropa. Pada edisi 1976, mereka jadi kampiun usai mengalahkan Jerman Barat di final yang berlangsung di Yugolslavia.

Setelah memisahkan diri dari Ceko pada 1993, sepak bola Slovakia sempat tenggelam. Kebangkitan mereka pun baru dirasakan dalam enam tahun terakhir di mana Slovakia berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Perkembangan sepak bola tim berjuluk Repre ini terus melesat dengan keberhasilan menyebar pemain top ke berbagai belahan dunia. Hingga akhirnya, Slovakia berhasil lolos ke Piala Eropa 2016 untuk pertama kalinya dengan status negara independen.

Pemain Kunci
Ada dua nama yang cukup menonjol dalam kesuksesan Slovakia beberapa tahun terakhir. Bek Martin Skrtel dan gelandang Marek Hamsik adalah dua pemain yang punya level kelas dunia.

Skrtel yang kini jadi andalan di lini belakang Liverpool, jelas pemain sarat pengalaman di kompetisi Eropa. Pemain yang terkenal garang ini jelas sudah paham tipikal striker Inggris yang sudah sering dihadapinya.

Sementara Hamsik, adalah jendral tak tergantikan di Napoli. Kekuatan utamanya adalah visi bermain yang di atas rata-rata plus naluri mencetak gol yang cukup tinggi. Bukti kehebatan pemain berusia 28 tahun itu musim ini adalah bisa membawa klubnya bersaing memperebutkan Scudetto Liga Italia Serie A.

Profil Pelatih:
Jan Kozak merupakan salah satu pahlawan Cekoslovakia di Piala Eropa 1976. Di masanya, Kozak merupakan pemain yang disegani di mana ia pernah jadi Czechoslovak Player of the Year.

Karier kepelatihannya berawal di level klub. Meski belum pernah membesut tim raksasa, pengalaman Kozak dirasa cukup untuk menangani Slovakia pada musim 2013 lalu.

Benar saja, meski gagal membawa Slovakia lolos ke Piala Dunia 2014, ia menebus kesalahannya dengan menghadiahi tiket Piala Eropa setelah jadi runner up Grup C babak kualifikasi di bawah Spanyol.

Peluang di Piala Eropa 2016
Dibanding Inggris, Rusia, dan Wales, Slovakia bisa dibilang punya kans paling kecil untuk bersaing. Namun bukan berarti mereka tanpa peluang, ada beberapa faktor yang bisa dimanfaatkan mereka untuk tampil apik di Prancis nanti.

Selain materi pemain yang bisa bersaing, status underdog Slovakia bisa membuat mereka tampil lepas. Tak hanya itu, pengalaman dan motivasi bermain di Piala Eropa sebagai negara independen jelas melecut semangat juang Marek Hamsik dkk.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4106 seconds (0.1#10.140)