Rossi Keukeuh Sayap Aerodinamis Enggak Bermanfaat

Sabtu, 23 April 2016 - 11:23 WIB
Rossi Keukeuh Sayap Aerodinamis Enggak Bermanfaat
Rossi Keukeuh Sayap Aerodinamis Enggak Bermanfaat
A A A
JEREZ - Penyelenggara MotoGP dilaporkan akan menggelar pertemuan tertutup dengan tim dan pembalap untuk membahas penggunaan sayap aerodinamis dalam gelaran balap MotoGP, Sabtu (23/4/2016). Namun Valentino Rossi secara terang-terangan menolak winglet.

Rossi menegaskan setidaknya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan Dorna Sports sebelum mengambil keputusan. Dikatakanya, penggunaan sayap justru berisiko terhadap keselamatan pembalap dan itu yang pernah dialami Dani Pedrosa saat bertabrakan dengan Andrea Dovizioso di Austin.

Bahkan saat itu Pedrosa melayangkan protes keras terhadap penyelenggara MotoGP dengan menyatakan teknologi winglet atau sayap tambahan cuma membahayakan pembalap. "Saya tahu bahwa semua produsen berbicara untuk memutuskan apakah akan melanjutkan teknologi sayap atau tidak? Saya terbuka untuk mendengar pendapat itu, namun jika berbicara jujur, lebih baik kita tidak menggunakan sayap," tegas Rossi seperti dikutip Motorsports.

Rossi menjajal teknologi sayap di Sirkuit Jerez selama menjalani sesi latihan bebas kedua. Kendati melontarkan keluhan, namun jika dilihat perbedaannya The Doctor justru jauh lebih cepat ketimbang FP1.

Di sesi latihan pertama tanpa menggunakan sayap aerodinamis, Rossi mencatatkan waktu tercepat ketiga dengan 1 menit 40.676 detik. Sementara di FP2, mantan kekasih Linda Morselli melakukan sedikit perubahan dengan menancapkan winglet pada kuda besi YZR M1. Hasilnya, ia sukses lebih cepat 0.394 detik dari sebelumnya. (Baca juga: Lorenzo Sindir Kemampuan Rossi)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3962 seconds (0.1#10.140)