Kejahatan Dunia Maya dan Virus Komputer Sasar Olimpiade Rio 2016

Sabtu, 21 Mei 2016 - 06:00 WIB
Kejahatan Dunia Maya dan Virus Komputer Sasar Olimpiade Rio 2016
Kejahatan Dunia Maya dan Virus Komputer Sasar Olimpiade Rio 2016
A A A
RIO DE JANIERO - Berbagai kejahatan di dunia maya semakin marak kita temui. Salah satunya penipuan dan penyebaran virus komputer melalui situs palsu pemesanan tiket Olimpiade Rio 2016.

Tidak hanya pemesanan tiket, beberapa 'fasilitas' terkait penyelenggaraan Olimpiade Rio, seperti online box ticket palsu hingga situs taruhan, juga dilaporkan berpotensi menipu korbannya. Situs yang memungkinkan pengakses mengunduh file digital, disebut sangat berpotensi menginfeksi korban.

"Menurut penelitian kami, pembuatan situs palsu biasanya melibatkan kelompok yang terorganisir. Mereka membagi tugas sehingga kelompok kecil bertanggung jawab pada hal-hal tertentu," kata Andrey Kostin, analis senior web di laboratorium perusahaan anti-virus, dikutip Inside the Games.

Menurut Kostin, penyebar virus berusaha meyakinkan korban mereka untuk memberikan informasi pribadi dengan iming-iming hadiah. Informasi yang disebarkan oleh para pelaku, biasanya ditulis dalam bahasa Inggris dan Portugal.

Untuk terhindar dari jenis kejahatan dunia maya tadi, Kostin meminta penggemar olah raga untuk kritis dalam membeli tiket secara online. Dia juga menyarankan pengguna internet agar berhati-hati dalam mengikuti kuis berhadiah dalam format online.

Kabar tentang maraknya penipuan semacam itu, hanya beberapa hari setelah World Sports & Hospitality (WSH) terbukti melakukan penipuan penjualan tiket secara online. WSH merupakan perusahaan yang secara ilegal menjual tiket Olimpiade palsu ke beberapa negara di Karibia. (Baca juga: 31 Atlet Terancam Dicoret dari Olimpiade Brasil 2016)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9795 seconds (0.1#10.140)