Kongres AIBA Sepakat Petinju Profesional Ikut Olimpiade

Rabu, 01 Juni 2016 - 21:30 WIB
Kongres AIBA Sepakat Petinju Profesional Ikut Olimpiade
Kongres AIBA Sepakat Petinju Profesional Ikut Olimpiade
A A A
LAUSANNE - Spekulasi terkait partisipasi petinju profesional di ajang Olimpiade Rio 2016 memasuki babak akhir. Kongres yang digelar Asosiasi Tinju Amatir Dunia (AIBA) memutuskan sepakat untuk membawa petinju profesional ke pesta olahraga multi-event tersebut.

Kendati sempat menuai penolakan oleh sejumlah legenda tinju dunia, anggota kongres AIBA yang terdiri dari 88 delegasi sepakat membawa petinju pro ke ajang Olimpiade. Dari jumlah delegasi yang hadir di Lausanne, Swiss, Rabu (1/6/2016), sebanyak 84 delegasi menyatakan sepakat.

"Masih harus dilihat, berapa banyak petinju profesional yang akan tampil di Olimpiade Rio 2016. Olimpiade akan dibuka 5 Agustus 2016," demikian laporan Inside The Games, Rabu (1/6/2016).

Rencana untuk membawa petinju profesional ke ajang Olimpiade pertama kali dilontarkan oleh Presiden AIBA, Ching-Kuo Wu pada akhir Februari 2016 lalu. Wu merujuk pada keberhasilan Federasi Basket Dunia (FIBA) yang membawa pebasket profesional ke ajang Olimpiade.

Sekadar informasi, pada tahun 1992, FIBA melakukan terobosan dengan mengikut-sertakan pebasket NBA di ajang Olimpiade. Hingga saat ini, tradisi tersebut terus dilakukan pada pebasket profesional di NBA. (Baca juga: Mike Tyson: Membawa Petinju Profesional ke Olimpiade itu Konyol)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2985 seconds (0.1#10.140)