Transmisi via Hubungan Badan Bukan Doping, Petinju Wanita Olimpiade AS Bebas Tampil

Jum'at, 12 Juni 2020 - 18:04 WIB
loading...
Transmisi via Hubungan Badan Bukan Doping, Petinju Wanita Olimpiade AS Bebas Tampil
Petinju wanita tim Olimpiade AS Virginia Fuchs lolos dari jeratan hukuman setelah dinyatakan bebas dari pelanggaran doping/Foto/abs-cbn.com
A A A
LAS VEGAS - Petinju wanita tim Olimpiade AS Virginia Fuchs lolos dari jeratan hukuman setelah dinyatakan bebas dari pelanggaran doping. Fuchs kini diperkenankan mengikuti kualifikasi untuk tiket ke Olimpiade Tokyo 2020 , tahun depan.

Kasus doping yang menjerat Fuch cukup unik. Sebelumnya, Badan Anti-Doping Amerika Serikat (USADA) dalam sebuah pernyataan menyebut Fuchs dinyatakan positif mengidap dua zat yang dilarang oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA) dalam uji urine di luar kompetisi pada 13 Februari. ( ).

Saat menyelidiki hasil tes, USADA mengetahui kekasih Fuchs telah menggunakan produk yang termasuk dua zat terlarang tersebut. Zat terlarang yang terkandung dalam urine Fuchs cocok dengan produk yang digunakan partner-nya, dan paparan itu terjadi melalui transmisi seksual.

"Jumlah rendah metabolit letrozole dan metabolit GW1516 yang terdeteksi dalam sampelnya cocok dengan paparan zat baru-baru ini melalui transmisi seksual," demikian pernyataan USADA, Kamis (12/6/2020), dilansir Reuters.

USADA mengatakan partner Fuchs telah menggunakan dosis terapi dari dua zat yang sama yang ada dalam sampel Fuch. Dengan demikian Fuchs tidak menanggung kesalahan atau kelalaian atas temuan zat terlarang yang merugikan yang terdapat dalam sampelnya yang ditransmisikan lewat hubungan badan dengan kekasihnya. Dengan demikian, petinju kelas terbang berusia 32 tahun itu tidak dilarang tampil.

"Kami sangat percaya kasus ini dan yang menyerupai ini, termasuk kontaminasi daging dan kasus kontaminasi obat resep harus dianggap tidak ada pelanggaran," kata kepala USADA Travis Tygart. ( ).

Fuchs, kapten tim Olimpiade AS, kembali ke Colorado Springs pekan ini untuk kamp pelatihan pertamanya sejak awal pandemi virus corona.

Fuchs nyaris tidak lolos kualifikasi pada Olimpiade Rio pada 2016 dan sekarang telah mengarahkan segenap pandangannya pada Olimpiade Tokyo yang tertunda tahun depan.

Jika lolos kualifikasi, Fuchs akan tampil pada Olimpiade ketiganya tahun depan. Fuchs dan sebagian besar rekan setimnya di AS masih harus mengamankan satu tempat di Tokyo dalam dua turnamen kualifikasi yang akan diadakan dalam tahun berikutnya.

“Ini merupakan pelajaran besar bagi saya dan sekarang sudah berakhir, saya sepenuhnya fokus untuk mempersiapkan Tokyo,” tulisnya di Twitter.

Hukuman biasa untuk penggunaan zat terlarang adalah larangan empat tahun dari semua olahraga yang sesuai dengan WADA.

Pada 2017, USADA mengizinkan pelari jarak menengah Ajee Wilson melenggang tanpa sanksi. Mereka menyimpulkan bahwa jejak agen anabolik dalam sampelnya berasal dari daging sapi yang terkontaminasi.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)