Tim Dayung Indonesia Sukses Raih Tiga Emas di Kejuaraan Asia

Senin, 06 Juni 2016 - 19:02 WIB
Tim Dayung Indonesia Sukses Raih Tiga Emas di Kejuaraan Asia
Tim Dayung Indonesia Sukses Raih Tiga Emas di Kejuaraan Asia
A A A
TEHRAN - Tim Dayung Indonesia sukses meraih tiga medali emas di ajang Asian Rowing Cup I yang berlangsung di Azadi Sport Complex, Tehran, Iran pada 4-5 Juni. Kejuaraan yang rencananya akan diselenggarakan tiap dua tahun ini diikuti oleh tim tujuh negara selain Indonesia seperti Iran, Irak, Kazakhstan, Singapura, Republik Demokratik Rakyat Korea, dan Thailand.

Tim Indonesia yang terdiri dari 12 atlet dayung (6 atlet putra dan 6 atlet puti) serta 2 orang pelatih telah berhasil menoreh prestasi dengan merebut 3 medali emas, 1 medali perak dan 2 medali perunggu. Atlet dayung, Kakan Kusmana menyumbangkan 2 medali emas di nomor LM1X 500 meter dan LM1X 1000 meter, Chelsea Corputty menyumbangkan 1 medali perak di nomor W1X 500 meter dan 1 medali perunggu di nomor W1X 500 meter, Wahyuni dan Yuniarti meraih 1 medali perunggu untuk nomor Ganda Putri, sementara atlet Arief dan Muhammad Yasin berhasil merebut medali emas untuk nomor LW2X 1000 meter.

Duta Besar RI, Octavino Alimudin, Senin (6/6/2016), menyatakan kebanggaannya atas prestasi tim dayung Indonesia pada kejuaraan ini. Dubes Octavino menambahkan bahwa KBRI Tehran mendukung penuh partisipasi atlet-atlet Indonesia pada berbagai kejuaraan yang diadakan di Iran.

Sementara itu, manajer tim dayung Indonesia, Edy Suyono menyatakan bahwa kemampuan tim dayung Indonesia semakin meningkat dan mencapai hasil yang membanggakan. Tim dayung berhasil melampaui target perolehan medali yang ditetapkan sebelumnya, yaitu 2 medali emas. Partisipasi tim dayung Indonesia pada kejuaraan ini diharapkan dapat menjadi persiapan untuk pertandingan dayung pada Asian Games 2018 di Indonesia.

Lebih lanjut, juga disampaikan bahwa 2 atlet dayung unggulan Indonesia yang telah meraih tiket untuk bertanding pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil tidak ikut serta pada kejuaraan ini dikarenakan sedang mengikuti Kejuaraan Holland Beker 2016 Open di Rotterdam, Belanda.

Octavino Alimudin beserta staf KBRI Tehran dan masyarakat Indonesia di Tehran telah hadir pada kejuaraan tersebut untuk memberikan dukungan moral bagi atlet-atlet dayung Indonesia yang mengikuti pertandingan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6744 seconds (0.1#10.140)