Catat Sejarah Baru, The Manx Missile Pimpin Tour de France 2016

Minggu, 03 Juli 2016 - 00:22 WIB
Catat Sejarah Baru,...
Catat Sejarah Baru, The Manx Missile Pimpin Tour de France 2016
A A A
SAINTE MARIE DU MONT - Gelaran lomba balap sepeda Tour de France langsung mencatat sejarah baru ketika memulai etape I edisi 2016. Histori dicatat oleh Mark Cavendish (Team Dimension Data) yang untuk pertama kalinya mengenakan yellow jersey (jaket kuning) dalam kariernya di Grand Tour ini.

Ya, The Manx Missile (julukan Cavendish) bakal mengenakan jaket kuning pertanda pimpinan balapan Tour de France (TdF) untuk pertama kalinya usai memenangkan etape I edisi 2016 saat finis di Pantai Utah, Sainte-Marie-du-Mont, Sabtu (2/7) malam WIB.

Mark Cavendish ungguli lawan-lawannya dalam adu sprint jelang finis tahapan I tour de france 2016 (Reuters)
Setelah mengambil start di Mont Saint-Michel dan menempuh total jarak 188 kilometer dengan rataan medan datar. Pembalap juara dunia Road Race 2011 yang dikenal sebagai master sprint tersebut mengungguli jagoan sprinter lainnya macam Marcel Kittel, Peter Sagan serta Andre Greipel di 100 meter jelang finis yang juga diwarnai dengan insiden kecelakaan antar pembalap.

“Untuk memakai jaket kuning di Tour de France adalah sebuah kehormatan bagi saya. Besok (Etape II TdF 2016) akan jadi hari yang spesial bagi saya,” sembur Cavendish yang mengamankan kemenangan tahapan ke-27 kalinya di TdF seperti dilaporkan BBC.

Salah satu kandidat juara Tour de France 2016, Alberto Contador, mengalami goresan di bahu kanan dan pinggang usai terlibat kecelakaan di tahapan I TdF 2016 (Reuters)
Adapun pembalap dua kali juara TdF asal Inggris, Chris Froome (Team Sky) memilih finis dengan aman di posisi ke-25 pada etape I. Sedang rival beratnya sekaligus juara dua kali TdF asal Spanyol, Alberto Contador, membutuhkan perawatan medis akibat goresan di bahu dan pinggang kanannya usai terlibat dalam kecelakaan grup pembalap di jelang lomba usai, walau dia mampu finis bersama peleton besar.

Klasemen Umum Pembalap Tour de France 2016 Usai Etape I
1. Mark Cavendish (GB/Dimension Data) 4 jam 13 menit 55 detik
2. Marcel Kittel (Ger/Etixx - Quick-Step) + 4 detik
3. Peter Sagan (Svk/Tinkoff) + 6 detik
4. Andre Greipel (Ger/Lotto) + 10 detik
5. Edward Theuns (Bel/Trek) waktu sama
6. Christophe Laporte (Fra/Cofidis) waktu sama
7. Bryan Coquard (Fra/Direct Energie) waktu sama
8. Alexander Kristoff (Nor/Katusha) waktu sama
9. Daniel McLay (GB/Fortuneo) waktu sama
10. Greg Henderson (NZ/Lotto) + 13 detik
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)