Rossi Lebih Takut Assen meski Sachsenring Punya Tikungan Angker

Sabtu, 16 Juli 2016 - 09:59 WIB
Rossi Lebih Takut Assen...
Rossi Lebih Takut Assen meski Sachsenring Punya Tikungan Angker
A A A
SACHSENRING - Tikungan air terjun (Waterfall) di Sirkuit Sachsenring, Jerman, menjadi topik hangat jelang balapan seri kesembilan akhir pekan ini. Betapa tidak, kebanyakan pembalap menyebut jika turn 11 merupakan tikungan yang sulit ditaklukan. Pasalnya ada banyak pembalap terjatuh selama menjalani sesi latihan di hari pertama, Jumat (15/6) kemarin sore WIB.

Pada sesi latihan pertama cuaca sejatinya kurang bersahabat. Penggunaan ban lembut membuat beberapa pembalap sulit mengontrol keseimbangan motornya.

Alhasil, lima pembalap terjatuh di tikungan 11 Sachsenring. Adalah Scott Redding, Jorge Lorenzo, Stefan Bradl, Maverick Vinales, serta Tito Rabat tergelincir di tikungan tersebut. Menurut beberapa analisa, bagian ban kiri yang lebih banyak terpakai, sehingga membuat ban bagian kanan jadi dingin. Itulah yang dirasakan Valelntino Rossi.

Rossi berkata terpaksa menggunakan ban bekas ketika lintasan mulai diguyur hujan pada sore hari (FP2). Sehingga joki Movistar Yamaha ini sulit melakukan akselerasi dan itu semakin diperburuk dengan kondisi ban depan yang kurang bekerja dengan baik.

"Semua pembalap Yamaha berjuang dengan bagian depan dan kami tidak memiliki perasaan yang baik pada bagian depan, terutama di sebelah kanan saat akan melakukan tikungan 11. Sehingga pada akhirnya, saya tidak mampu melakukan catatan waktu dengan baik. Jadi saya dalam posisi yang buruk," jelas Rossi seperti dikutip Crash, Sabtu (16/7/2016).

"Turn 11 adalah titik yang sangat berbahaya, jadi saya lebih memilih menunggu dan berharap agar kondisi (cuaca) jauh lebih baik hari ini."

Ditambahkan, Sachsenring sangat menuntut fisik pembalap. Terlebih di bagian pertama di mana joki kuda besi hanya diberikan waktu 25 detik untuk menaklukan tikungan pertama di sebelah kiri. Total Sachsenring punya 10 tikungan ke kiri (left-hander) dan tiga ke kanan (right hander).

Meski demikian, Rossi tetap tak memperdulikan hal teknis tersebut. Menurutnya, Assen lebih sulit ditaklukan ketimbang Sachsenring.

"Bagi saya Assen lebih sulit. Jadi Sachsenring tidak begitu buruk buat saya, hanya satu masalah yang harus dipecahkan mengingat ada banyak tikungan di bagian kiri dan saya harus tahu menaklukan turn 11.

Baca juga:

Mengapa Tikungan 11 Sirkuit Sachsenring Begitu Angker?

HOT NEWS: Tikungan Air Terjun Sirkuit Sachsenring Makan Korban
Jorge Lorenzo Bicara Kecelakaan di Sirkuit Sachsenring
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)