Mark Cavendish Rajai Etape Ke-14 Tour de France

Minggu, 17 Juli 2016 - 01:11 WIB
Mark Cavendish Rajai Etape Ke-14 Tour de France
Mark Cavendish Rajai Etape Ke-14 Tour de France
A A A
VILLARS-LES-DOMBES - Dominasi Mark Cavendish di ajang Tour de France (TdF) 2016 terus berlanjut. Pembalap sepeda berusia 31 tahun itu kembali jadi yang tercepat di lintasan datar setelah menguasai etape ke-14.

Andalan tim Dimension Data itu nyaris tidak terkejar selama menempuh rute Montelimar menuju Villars-les-Dombes, Parc des Oiseaux. Cavendish melahap jarak sejauh 208,5 km dengan waktu 5 jam, 43 menit dan 49 detik.

Cavendish berhasil mengalahkan pesaing terkuatnya, yakni Alexander Kristoff (tim Katusha) dari Norwegia dan Peter Sagan (tim Tinkoff) asal Slovakia. Ini menjadi kemenangan keempat bagi wakil Inggris Raya itu selama mengikuti TdF 2016.

Cavendish sebelumnya merajai etape pertama di lintasan datar. Sukses itu diulangi pria kelahiran Douglas, Isle of Man, di etape ketiga. Dia sempat kalah dari Marcel Kittel saat etape keempat. Tapi, itu dibalasnya dengan merebut podium pertama di etape keenam.

Namun, pada etape ke-11, Cavendish harus mengakui keunggulan Sagan. Tapi, itu dibayar lunas dengan merebut jersey hijau die tape ke-14. Cavendish kini telah empat kali jadi yang tercepat di kategori sprint.

Itu berarti Cavendish sudah memenangi enam etape sepanjang tahun ini. Dia juga sempat menjuarai etape kedua saat Tour of Croatia, dan etape kedelapan waktu Tour of California. Jika ditotal, sosok yang lahir di negara yang populasinya kurang dari 30.000 jiwa itu telah menguasai 30 etape.

Keberhasilan memenangi etape ke-14 membuat Cavendish naik ke posisi dua dalam perolehan angka. Dia sekarang mendulang 219 angka, tertinggal 90 angka dari Sagan. Sedangkan posisi ketiga dihuni Kittel dengan 202 angka.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6727 seconds (0.1#10.140)