Sepenggal Kisah tentang Perjalanan Frank Lampard (Bagian I)

Jum'at, 03 Februari 2017 - 09:05 WIB
Sepenggal Kisah tentang Perjalanan Frank Lampard (Bagian I)
Sepenggal Kisah tentang Perjalanan Frank Lampard (Bagian I)
A A A
LONDON - Frank Lampard resmi mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola profesional setelah resmi mengumumkan pensiun melalui media sosial, Kamis (2/2) malam WIB. Tentu penggemar sepak bola di seluruh dunia bakal merindukan aksi Super Frank di lapangan hijau mengingat dia adalah salah satu gelandang serang terbaik.

Kabar pensiun Lampard sempat menjadi viral di dunia. Betapa tidak, banyak kalangan yang menilai jika dia memiliki kualitas terbaik dalam mengatur ritme permainan klub yang dibelanya.

Hal senada juga dikatakan Pat Nevin. Legenda Chelsea yang kini menjadi analis sepak bola di BBC Sport itu menjelaskan bahwa Lampard adalah pemain kelas dunia. Ditambahkan, semua orang pasti akan sulit untuk memberikan catatan tentang permainannya di lapangan hijau.

"Lampard adalah pemain kelas dunia untuk jangka waktu yang panjang. Saya tidak berpikir ada yang bisa menilai permainannya, karena dia salah satu pemain yang rajin mencetak gol dan fenomenal. Dan sangat sedikit pemain lini tengah yang mampu mencetak torehan gol Lampard," ungkap Nevin seperti dikutip BBC Sport, Jumat (3/2/2017).

Lampard sendiri memulai karier profesionalnya pada 1995 bersama West Ham United. Lampard diketahui sudah mengoleksi 302 dalam 1018 pertandingan bersama lima klub berbeda yakni Swansea City, Chelsea, Manchester City, dan New York City.

Baca juga:
Resmi Pensiun, Lampard Torehkan Sejarah dalam Sepak Bola


Berikut bagian pertama tentang rekor yang ditorehkan Frank Lampard dikutip dari berbagai sumber:


1. Trofi Juara

Selama membela lima klub berbeda Frank Lampard telah mengoleksi puluhan trofi juara, dan kontribusi itu diberikan kepada West Ham United dan Chelsea.

Saat itu West Ham dikenal sebagai kesebelasan yang punya prestasi gemilang pada era 80-an. Terakhir kali The Hammers meraih prestasi di Eropa adalah juara Piala Intertoto pada tahun 1999 dengan mengalahkan FC Metz 3-1.

Pada pertandingan itu, Lampard yang masih muda mampu unjuk gigi dengan menyumbangkan gol kedua melawan Metz. Setelah enam tahun membela West Ham, Lampard akhirnya memilih hijrah ke Chelsea.

Bersama Chelsea kariernya semakin bersinar di mana Lampard adalah pemain yang mampu memainkan pertandingan terbanyak bersama The Blues selama 648 laga dalam 13 tahun bersama klub. Tak hanya soal statistik penampilan Lampard saja. Pemain berusia 38 tahun itu juga sudah memberikan banyak trofi buat penggemar Chelsea.

Gelar Liga Inggris sebanyak tiga kali (2004–05, 2005–06, 2009–10), FA Cup (2006–07, 2008–09, 2009–10, 2011–12), Piala Liga (2004–05, 2006–07), Community Shield (2005, 2009), Liga Champions (2011–12), dan Liga Europa (2012–13).

2. Liga Champions

Frank Lampard pernah menempatkan namanya dalam sejarah klub sebagai pemain pertama Chelsea yang mencetak gol di final Liga Champions pada musim 2007-2008 saat The Blues tumbang atas Manchester United melalui drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di Luzhniki Stadium, Moscow.

Kekalahan itu tampaknya dijadikan sebagai pengalaman besar buat Lampard. Pasalnya pada musim 2011-2012 dia sukses mengantarkan Chelsea juara Liga Champions usai mengalahkan Bayern Muenchen lewat drama adu penalti. Baginya itu adalah sesuatu yang sangat istimewa mengingat pada final tersebut dia mendapatkan tugas sebagai kapten klub.

3. Pemain Ketiga Terlama di Liga Inggris

Frank Lampard masuk dalam daftar pemain ketiga terlama tampil di Liga Inggris dengan 609 penampilan. Posisi pertama masih ditempati Ryan Giggs (632) disusul Gareth Barry (615)

4. Pencetak Gol Keempat di Liga Inggris

Urusan mencetak gol Frank Lampard jagonya. Meskipun bukan sebagai seorang penyerang, namun dia mampu menjadi ancaman serius buat pertahanan lawan.

Total, Lampard telah membukukan 177 gol di Liga Inggris. Dia menempati urutan keempat setelah Alan Shearer, Wayne Rooney dan Andy Cole.

5. Pemain Kelima Chelsea
Frank Lampard masuk dalam daftar pemain kelima Chelsea yang berhasil membuat 429 bersama klub. dan telah membukukan total 177 gol bersama The Blues.

Hanya tiga pemain telah mencetak gol lebih banyak gol di kompetisi untuk satu klub, yakni Wayne Rooney (Man Utd), Alan Shearer (Newcastle), dan Thierry Henry (Arsenal).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6413 seconds (0.1#10.140)
pixels