Kemenpora: Asian Games Harus Jadi Prioritas LADI

Sabtu, 18 Februari 2017 - 15:17 WIB
Kemenpora: Asian Games Harus Jadi Prioritas LADI
Kemenpora: Asian Games Harus Jadi Prioritas LADI
A A A
SAPPORO - Badan Anti Doping Dunia (WADA) resmi mencabut sanksi yang dijatuhkan kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI). Ini berdasarkan hasil sidang Komisi Review World Anti-Doping Agency (WADA) pada Kamis (17/2/2017).

Pencabutan sanksi tersebut didasarkan atas langkah-langkah perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah (Kemenpora) bersama sama dengan LADI dalam 2 bulan terakhir atau sejak sanksi diberikan kepada LADI pada November 2016 lalu. Dengan dicabutnya sanksi oleh WADA tersebut, maka akan semakin memudahkan kerja pengawasan doping di Indonesia.

Seperti dikutip situs resmi Kemenpora, Sabtu (18/2/2017), Kemenpora mendorong LADI bekerja keras khususnya dalam rangka menghadapi dan mempersiapkan Asian Games 2018. Persiapan Asian Games harus menjadi salah satu prioritas kerja LADI dalam 1 tahun ke depan, di samping tugas utama LADI untuk mencegah doping dalam olahraga.

Pemerintah terus mendorong agar LADI terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan WADA, dan mematuhi peraturan lembaga anti-doping dunia tersebut, agar kejadian penjatuhan sanksi kepada LADI sebelum benar-benar menjadi pembelajaran. Kasus doping PON dan PEPARNAS di Jawa Barat tahun 2016 yang lalu memberi gambaran besarnya tanggungjawab yang harus diemban LADI ke depan.

Untuk itu, menjadi kewajiban LADI untuk lebih aktif sosialisasi kepada seluruh cabang olahraga dengan berbagai cara termasuk penggunaan layanan internet yang mudah diakses secara real time dimanapun berada dengan konten yang terus ter update. Sehingga tidak ada alasan bagi atlet tidak mengetahui adanya bahan-bahan yang terindikasi mengandung doping pada obat-obatan, makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh mereka.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0823 seconds (0.1#10.140)