Jelang Kejuaraan Dunia Motocross MXGP Pangkal Pinang 2017 (Bag II)

Jum'at, 03 Maret 2017 - 07:00 WIB
Jelang Kejuaraan Dunia Motocross MXGP Pangkal Pinang 2017 (Bag II)
Jelang Kejuaraan Dunia Motocross MXGP Pangkal Pinang 2017 (Bag II)
A A A
PANGKAL PINANG - Menjelang digelarnya Seri II Kejuaraan Dunia MXGP 2017 di Pangkal Pinang, Indonesia pada Sabtu-Minggu (4-5 Maret), ada baiknya untuk menyimak penjelasan detail perihal kejuaraan dunia motocross ini yang ditulis oleh Motorsport. Kali ini merupakan tulisan bagian kedua (habis).

Kualifikasi
MXGP biasanya digelar pada Minggu, sementara sesi latihan dan kualifikasi berlangsung Sabtu. Sesi kualifikasi berlangsung selama 20 menit plus dua lap.
Klasifikasi dari kualifikasi menentukan kroser untuk memilih gate dan start dengan posisi sejajar. Kroser yang memuncaki kualifikasi akan start di gate pertama, diikuti kroser terbaik kedua, ketiga dan seterusnya. Begitu gate diturunkan, kroser yang memiliki motor terkencang dengan mesin kuat dan traksi 100 persen, kemungkinan besar akan mampu mengungguli 29 kompetitor lainnya di tikungan pertama.
Ilustrasi Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2016. (Foto-mxlarge)
Balapan
Setiap seri balap yang biasanya digelar hari Minggu, akan diikuti sebanyak 30 kroser yang bersaing demi poin. Sebagian besar kroser telah terdaftar secara permanen, dengan federasi lokal dari setiap Grand Prix dapat mencalonkan kroser nasional terbaik mereka untuk melawan kroser dunia.

MXGP terdiri dari dua balapan (Race 1 dan 2), dengan durasi waktu masing-masing 30 menit plus dua lap. Pemenang akan mendapatkan 25 poin, dan posisi kedua dan selanjutnya akan mengantongi 22, 20, 18, 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, dan 1 poin.

Ketika dua kroser mengoleksi poin dengan selisih kecil, maka hasil Race 2 akan menentukan klasifikasi akhir. Pada akhir musim – yang biasanya digelar dari akhir Februari sampai September – kroser dengan perolehan poin tertinggi akan dinobatkan sebagai juara dunia.

Dan pada akhir musim untuk menutup kejuaraan, biasanya digelar ‘Motocross of Nations’, di mana ketiga kroser tercepat dari setiap negara berkompetisi demi kebanggaan negara mereka. Meski ajang ini bukan bagian dari kejuaraan dunia, namun tetap dianggap sebagai event paling bergengsi dalam kalender – bahkan dapat menarik fans hingga 80 ribu penonton.

Pabrikan dan kroser
MXGP diikuti oleh pabrikan, di antaranya KTM, Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan Husqvarna. Musim lalu, pabrikan Honda berjaya lewat kesuksesan Tim Gajser yang merengkuh gelar juara.

Prestasi kroser asal Slovenia itu terbilang fenomenal, meningat 2016 merupakan debutnya di kelas MXGP. Dan gelar juara sukses direbut sebelum dia berusia 20 tahun.

Kroser lain yang patut juga diperhatikan adalah Tony Cairoli, yang mengoleksi delapan gelar juara. Lalu, ada juara dunia MXGP 2015, Romain Febvre, serta tak ketinggalan Jeffrey Herlings. Rookie KTM asal Belanda ini merupakan juara dunia MX2 musim 2012 dan 2013.
Klasemen sementara pembalap (15 besar) Kejuaraan Dunia Motocross 2017 kelas MXGP. (Foto-wikipedia)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6996 seconds (0.1#10.140)