Tes Amunisi Baru Jelang MotoGP Jerez, Le Mans Diserbu

Kamis, 27 April 2017 - 16:18 WIB
Tes Amunisi Baru Jelang MotoGP Jerez, Le Mans Diserbu
Tes Amunisi Baru Jelang MotoGP Jerez, Le Mans Diserbu
A A A
LE MANS - Sirkus MotoGP 2017 baru saja menyelesaikan seri ketiganya di Sirkuit Austin akhir pekan lalu (23/4). Setelah melalui tiga balapan di luar Eropa, yakni di Qatar (Asia), Argentina dan Austin (Amerika). Ronde keempat musim ini akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, 5-7 Mei.

Bagi para pembalap kelas bergengsi, rupanya mereka takkan bisa sempat bernapas. Pasalnya, mereka sudah ditunggu tes tertutup di Sirkuit Le Mans, Prancis. Tes ini sendiri akan berlangsung pada Senin-Selasa (1-2 Mei 2017).

Dilaporkan oleh Motorsport, seluruh tim pabrikan di kelas bergengsi sudah mendaftar buat ikut serta dalam tes Le Mans awal pekan depan. Bagi setiap tim yang masih memiliki masalah pada motornya, tes ini diyakini bakal dimaksimalkan untuk langkah pengembangan selanjutnya.

Pasalnya, MotoGP Jerez akan membuka 11 race beruntun di Eropa, yakni setelah itu di Le Mans (Prancis), Mugello (Italia), Catalunya (Spanyol), Assen (Belanda), Sachsenring (Jerman), Brno (Rep. Ceko), Red Bull Ring (Austria), Silverstone (Inggris), Misano (San Marino), dan Aragon (Spanyol). Meski begitu, bakal ada jeda satu bulan lebih setelah lomba di Sachsenring (2/7) ke Brno (6/8).

Karena digelar empat hari sebelum MotoGP Jerez, seluruh tim pabrikan menganggap tes Le Mans sangat penting buat bekal mereka bertarung di seri Eropa. Pengembangan amunisi baru pada motor, berupa sasis, aerodinamika terbaru, built-in winglet, hingga penyesuaian dengan pembalap baru, bakal jadi hal yang patut dinantikan dari tes Le Mans 2017.

Walau demikian, Yamaha, Ducati, Suzuki, Aprilia, dan Honda kemungkinan hanya menggunakan jatah satu hari tes Le Mans bagi pembalap pabrikan mereka. Honda telah mengonfirmasi mengirim Marc Marquez serta Dani Pedrosa pada hari kedua tes Le Mans. Cal Crutchlow berpeluang besar menemani dua pembalap tim pabrikan ketimbang dua pembalap tim Marc VDS (Jack Miller, Esteve Rabat).

Seperti diketahui peraturan dari MotoGP, setiap tim (khusus buat 2 pembalap pabrikan) hanya memiliki waktu lima hari uji coba privat yang tersedia sepanjang musim. Honda telah menjadwalkan menggunakan dua hari tes di Jerez pada Februari lalu. Tapi karena gangguan hujan, mereka hanya memakainya sehari, dan sehari lagi akan digunakan di tes Le Mans.

Sementara Ducati Corse telah menghabiskan satu hari tes di Jerez, yang berlangsung di sela-sela MotoGP Qatar dan Argentina. Jadi di tes Le Mans, kemungkinan besar Jorge Lorenzo serta Andrea Dovizioso akan turun selama satu hari, dengan satu hari sisanya dipergunakan oleh Michele Piro.

Sedangkan Yamaha telah mengonfirmasi keikutsertaan mereka di tes Le Mans. Namun tim berlambang garputala tersebut juga hanya akan menggunakan waktu sehari buat dua pembalap pabrikan mereka, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Lalu Aprilia, yang memulai musim ini dengan hasil oke di Qatar. Malah menghadapi sejumlah masalah pada dua balapan berikutnya. Jadi tim dari Noale, Italia itu ingin mengintensifkan program tesnya di Le Mans. Namun sebelum berangkat ke Prancis, mereka menugaskan Aleix Espargaro serta Sam Lowes pada Rabu-Kamis (26-27 April) ini dalam tes privat di Sirkuit Mugello.

Adapun tim Suzuki Ecstar yang masih belum menemukan zona nyamannya musim ini, kemungkinan besar juga menurunkan Andrea Iannone di salah satu hari tes Le Mans. Dengan Alex Rins menjalani operasi cederanya, maka rider test Takuya Tsuda yang akan menggantikannya di MotoGP Jerez 2017, juga akan tampil di tes Le Mans buat tim dari Hamamatsu, Jepang tersebut.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8492 seconds (0.1#10.140)