Sambut Tes Le Mans, KTM Disibukkan Pengujian Mesin Baru

Kamis, 27 April 2017 - 20:20 WIB
Sambut Tes Le Mans, KTM Disibukkan Pengujian Mesin Baru
Sambut Tes Le Mans, KTM Disibukkan Pengujian Mesin Baru
A A A
LE MANS - Seperti dilaporkan sebelumnya. Sebelum lomba MotoGP Jerez di Spanyol pada 5-7 Mei. Seluruh tim dan pembalap kelas bergengsi akan mengikuti tes privat di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada Senin-Selasa (1-2 Mei).

Pabrikan KTM sudah berkoar akan menguji coba spesifikasi mesin baru dalam tes Le Mans. Perlu diketahui, musim ini pabrikan dari Austria itu jadi satu-satunya tim yang menggunakan mesin ‘screamer’, menyusul kepindahan Honda ke ‘big bang’.

Di mata duo pembalap KTM, Bradley Smith dan Pol Espargaro, mesin tersebut membuat RC16 menjadi agresif. Tim pun telah merevisi mesin selama tes pramusim di Qatar, tapi KTM memilih untuk tidak menggunakan saat balapan.

Mesin itu dikatakan Smith sebuah ide baru yang nantinya akan dievaluasi setelah tes terakhir bersama Mika Kallio di Sirkuit Mugello, Italia. “Kami punya satu hari tes di Le Mans, yang mana kami akan menguji coba konfigurasi mesin berbeda,” ungkap Smith seperti dilaporkan Motorsport.

“Itu sudah jelas ada dalam pipeline, lalu juga menguji coba apapun yang telah dilakukan tim lain saat menjalani tes. Saya tahu mereka punya ide berbeda dengan Mika. Mereka membuat beberapa kemajuan baik,” imbuhnya.

Lebih jauh, pembalap dari Inggris itu menjelaskan: “Mika akan melakukannya selama di Le Mans. Jadi, apapun yang mereka temukan di sana akan dikirim ke Jerez dan kami akan menguji coba selama akhir pekan atau tes pada Senin. Kami jelas sibuk pada saat itu.”
Mesin motor KTM RC 16 yang digeber Pol Espargaro meledak dalam lomba MotoGP Austin 2017. (Foto-Motorsport)
Pernyataan yang jauh tak berbeda turut dilontarkan Pol Espargaro. Mesin baru diharapkan dapat memberikan peningkatan signifikan pada performa KTM dalam menghadapi 15 seri tersisa.

Pembalap Spanyol itu sendiri tak finis di MotoGP Austin 2017, karena mengalami masalah clutch (kopling) pada lap 10. “Kami akan menguji coba mesin (baru) dan itu akan sangat menyenangkan,” sembur Espargaro.

“Kami semua berharap punya hal baik dengan mesin baru ini dan kami bisa mendapatkan sesuatu yang benar-benar menyenangkan. Kami akan memiliki beberapa bagian baru dan setelah itu kami balapan di Jerez, balapan pertama di Eropa, di mana kami telah bersama KTM. Saya merasa sesuatu yang baik akan datang, tapi kami harus bersabar,” tukasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8888 seconds (0.1#10.140)