Hasil Etape II dan Klasemen Tour de France 2017: Juara Bertahan Kecelakaan

Senin, 03 Juli 2017 - 16:02 WIB
Hasil Etape II dan Klasemen...
Hasil Etape II dan Klasemen Tour de France 2017: Juara Bertahan Kecelakaan
A A A
LIEGE - Di saat juara bertahan asal Inggris, Chris Froome, terlibat dalam kecelakaan di Liege, kala lomba Etape II Tour de France 2017 menyisakan 22 kilometer lagi. Pembalap tuan rumah, Marcel Kittel, mengungguli Mark ‘Manx Missile’ Cavendish dalam adu sprint jelang garis finis.

Ya, Etape II Tour de France (TdF) 2017 yang berujung Minggu (2/7) jelang tengah malam WIB. Melombakan rute datar dari Dusseldorf, Jerman menuju Liege, Belgia dengan menempuh total jarak 203,5 kilometer.
Chris Froome (kiri) dan pemegang yellow jersey (kaus kuning) Geraint Thomas saat terjatuh bersama para pembalap lain di Etape II Tour de France 2017. (Foto-twitter)
Chris Froome (kiri) dan pemegang yellow jersey (kaus kuning-ketiga dari kiri) Geraint Thomas (Tim Sky), saat terjatuh bersama para pembalap lain di Etape II Tour de France 2017. (Foto-twitter)

Drama terjadi pada Etape II TdF 2017. Juara bertahan, Chris Froome, mengalami nasib kurang beruntung. Seperti dilaporkan The Guardian, pembalap Inggris tersebut sempat terjatuh saat lomba menyisakan 22 km di Liege.

Kejadian berawal dari seorang pembalap tim Katusha-Alpecin yang kehilangan kontrol saat melibas tikungan tajam. Froome yang berada di belakangnya tak mampu menghindar dan terjatuh dari sepedanya. Reaksi domino pun terjadi, salah satunya menyebabkan runner-up musim lalu, Romain Bardet (AG2R La Mondiale), ikutan mencium aspal.

Untungnya, Froome dan Bardet hanya mengalami luka ringan akibat insiden kecelakaan tersebut, meski pada sejumlah bagian kulit mereka terkelupas. Namun bagi tim Sky, kejadian ini juga melibatkan empat pembalap mereka selain Froome, yaitu Luke Rowe, Michal Kwiatkowski, Christian Knees, dan pimpinan klasemen sementara klafisikasi umum (yellow jersey), Geraint Thomas.

“Saya bersyukur tidak mengalami cedera parah, walau sejumlah kulit di bagian pinggul saya terkelupas. Ini adalah balapan. Kami tahu kondisi di sana amat licin, dan setiap perlombaan, Anda harus mengambil risiko, serta sesuatu bisa saja terjadi,” beber Froome yang sempat mengganti sepedanya usai insiden di Etape II.
Marcel Kittel (Quick Step) saat finis terdepan di Etape II Tour de France 2017. (Foto-letour)
Marcel Kittel pun mengambil keuntungan dari insiden yang dialami para pembalap tim Sky. Walau tanpa bantuan dari rekan setim, pembalap sepeda Jerman itu sukses mengalahkan jagoan sprint Inggris, Mark Cavendish pada 500 meter menjelang finis untuk mengakuisi gelar etape ke-10 di Le Tour (sebutan TdF).

Berkat bonus 10 detik, kini Kittel naik ke peringkat ketiga klasemen sementara klasifikasi umum dan hanya tertinggal 6 detik dari Geraint Thomas, si pemenang Etape I. Sedangkan Froome menempati urutan keenam dengan 12 detik di belakang rekan setimnya itu.
Marcel Kittel (Quick Step) menitikkan air mata saat finis terdepan di Etape II Tour de France 2017. (Foto-letour)
“Saya super senang dan super bangga. Ini merupakan kemenangan spesial bagi saya,” tutur Kittel yang menangis usai turun dari sepeda di garis finis, sekaligus mendedikasikan kemenangannya buat fans Jerman yang tampil bersemangat di pembukaan Etape II meski cuaca tidak bersahabat.

“Etape kali ini telah menguras tenaga dan membuat stres. Cuacanya sama sekali tidak membantu kami. Tapi inilah wajah asli dari Tour (TdF) yang tidak boleh Anda lupakan,” kata Geraint Thomas menimpali.

Adapun Etape III Tour de France 2017 akan berlangsung pada Senin (3/7) malam WIB. Rute yang akan dilewati bakal menguji kehebatan para pembalap spesialis tanjakan. Pasalnya, lomba yang dimulai dari Verviers (Belgia), akan berujung pada finis di puncak komune Longwy (sekitar 379 meter di atar permukaan laut), dengan total jarak tempuh 212,5 km.
Klasemen sementara Tour de France 2017. (Foto-letour)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)