Emil: Persib Sedang Terpuruk, Bobotoh Jangan Provokasi

Rabu, 19 Juli 2017 - 18:07 WIB
Emil: Persib Sedang Terpuruk, Bobotoh Jangan Provokasi
Emil: Persib Sedang Terpuruk, Bobotoh Jangan Provokasi
A A A
BANDUNG - Upaya menjaga suasana kondusif menjelang laga panas antara Persib Bandung vs Persija Jakarta terus dilakukan. Wali Kota Bandung Ridwal Kamil mengundang Bobotoh yang diwakili Viking Persib Club (VPC) di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/7/2017).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengajak seluruh pendukung fanatik Persib untuk menjaga nama baik Kota Bandung saat laga Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7). "Pada intinya, saya mengimbau agar Bobotoh ikut menjaga kondusivitas kota, baik sebelum dan sesudah pertandingan. Saya titip kepada Bobotoh, mudah-mudahan tidak ada letupan-letupan yang inisiatifnya dari kita," kata Emil.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, wali kota mengajak Bobotoh mengampanyekan hal-hal positif yang disebar melalui jejaring sosial, mulai dari radio, Facebook, Instagram, dan Twitter lainnya. "Hidup mah harus naik kelas, dulu riweuh (susah) sekarang harus jadi teladan. Maka kembali saya imbau, tidak perlu melakukan provokasi-provokasi. Fokus saja mendoakan agar Persib menang, apalagi Persib sedang terpuruk," ucapnya.

Pada bagian lain, Emil membantah janji memperbolehkan The Jak Mania datang langsung ke pertandingan Persib kontra Persija. Emil pernah mengatakan bahwa mereka boleh datang ke Bandung apabila Persija bertandang ke Stadion GBLA. Hal ini sebagai balas budi Bobotoh dipersilakan datang ke Jakarta saat Persib melawan Arema pada semifinal Piala Presiden di Stadion Gelora Bung Karno.

"Tidak betul kalau saya disebut ingkar janji. Karena kondisi janji itu jika pintu keamanannya sudah clear di kepolisian. Kalau kepolisian mengizinkan maka saya pun demikian," kata Emil.

Emil pun mengaku sudah mengundang pemilik Persija untuk menyaksikan langsung pertandingan tersebut. Namun, untuk The Jak Mania pihaknya tak bisa berbuat banyak lantaran kepolisian tidak memberikan izin.

Pengurus Viking Persib Club (VPC) Yana Umar mengaku siap menjaga keamanan Kota Bandung. Dia akan melanjutkan amanat Wali Kota Bandung kepada seluruh Bobotoh agar tidak berbuat tindakan negatif. "Kami akan sama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan," katanya seusai pertemuan dengan Ridwan Kamil.

Yana juga meminta agar media massa juga tidak telalu mengekspose perselisihan antara suporternya. Menurut dia, hal itu justru bisa memicu ketegangan baik dari Bobotoh dan juga The Jak Mania. "Ini buat kebaikan kita semua. Fokus saja ke pertandingannya," ucapnya. Dia juga berharap suporter Persija tidak memaksakan hadir ke Kota Bandung karena menyangkut faktor keamanan.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0320 seconds (0.1#10.140)