Hasil Etape 17 dan Klasemen Sementara Pembalap Tour de France 2017

Kamis, 20 Juli 2017 - 15:05 WIB
Hasil Etape 17 dan Klasemen...
Hasil Etape 17 dan Klasemen Sementara Pembalap Tour de France 2017
A A A
PARIS - Setelah meraih lima kemenangan etape dan mantap memimpin klasemen poin sprint. Marcel Kittel secara tidak terduga harus undur diri dari Tour de France (TdF) 2017.

Ya, drama kembali terjadi di Tour de France (TdF) 2017. Kali ini di Etape 17 yang berujung Rabu (19/7) jelang tengah malam WIB, pemegang kaus hijau sebagai tanda raja poin sprint, Marcel Kittel, meski mengakhiri lomba.
Marcel Kittel (Quick-Step) mendapat beberapa cedera dan luka saat melahap Etape 17 Tour de France 2017. (Foto-cyclingnews)
Rute tanjakan yang membentang dari La Mure ke Serre Chevalier sepanjang 183 km, jadi kuburan ambisi pembalap sepeda asal Jerman yang memperkuat tim Quick-Step tersebut. Diduga karena kelelahan dan kurang konsentrasi jelang tanjakan Col d’Ornon. Kittel mengalami kecelakaan bersama dua pembalap lainnya.

Dua pembalap lain yang terjatuh bersama Kittel itu adalah Warren Barguil (Team Sunweb) yang juga merupakan pemegang polka dot jersey (raja tanjakan), serta Steve Cummings (Dimension Data). Di saat Barguil dan Cummings masih bisa bangkit dan melaju di lintasan hingga finis. Kittel dipaksa untuk mengganti sepeda serta sepatunya.

50 kilometer kemudian di tanjakan Col de la Croix de Fer, Kittel menginformasikan kepada rekan setimnya juga direktur tim bahwa ia tak bisa lagi melanjutkan lomba Etape 17 TdF 2017. Ini merupakan kali kedua dalam kariernya ia undur diri dari tur balap sepeda paling bergengsi sedunia tersebut.

“Sekarang sudah berakhir. Sungguh disayangkan saya tidak akan bisa mencapai Paris (finis TdF 2017) tahun ini,” sembur Kittel kepada Cyclingnews. Namun berkat tambahan lima kemenangan etape di TdF tahun ini, telah membawanya jadi pembalap nomor satu Jerman untuk jumlah kemenangan etape di TdF (13 etape), melewati raihan Erik Zabel.
Primoz Roglic (LottoNL Jumbo) tengah berada di podium juara Etape 17 Tour de France 2017. (Foto-LeTour)
Sementara itu, Etape 17 TdF 2017 dikuasai oleh Primoz Roglic. Pembalap Slovakia yang memperkuat tim LottoNL-Jumbo itu menyelesaikan lomba melelahkan ini dalam waktu 5 jam 7 menit dan 41 detik.

Primoz Roglic finis di depan empat pembalap tangguh yang finis bersamaan. Mereka adalah Rigoberto Uran (Cannondale-Drapac), Chris Froome (Sky), Romain Bardet (AG2R La Mondiale), serta Warren Barguil (Sunweb).

Di belakang mereka melengkapi 10 besar finis Etape 17 TdF 2017 adalah Mikel Landa (Sky), Dan Martin (Quick-Step), Alberto Contador (Trek-Segafredo), Louis Meintjes (UAE Team Emirates), dan Fabio Aru (Astana).

Atas hasil tersebut, Chris Froome masih memimpin klasemen umum pembalap (yellow jersey) TdF 2017. Kali ini keunggulannya atas Rigoberto Uran serta Romain Bardet bertambah jadi 27 detik.

Adapun Tour de France 2017 akan melanjutkan lombanya yaitu Etape 18 pada Kamis (20/7) malam WIB. Ini merupakan rute tanjakan pegunungan yang terakhir, yakni melintasi Briancon ke Col d’Izoard sepanjang 179,5 km.

Berikut klasemen sementara para pemegang jersey Tour de France 2017 usai Etape 17:
Para pemegang jersey sementara Tour de France 2017 usai Etape 17. (Foto-LeTour)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0880 seconds (0.1#10.140)