Indonesia Tambah Emas dan Pecahkan Rekor Asia di Lintasan Atletik

Rabu, 20 September 2017 - 13:33 WIB
Indonesia Tambah Emas dan Pecahkan Rekor Asia di Lintasan Atletik
Indonesia Tambah Emas dan Pecahkan Rekor Asia di Lintasan Atletik
A A A
KUALA LUMPUR - Lintasan atletik National Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, terus menjadi saksi kehebatan atlet-atlet Indonesia yang tampil di ASEAN Para Games 2017, Malaysia. Dari lintasan ini, kucuran emas mengalir setiap harinya.

Setelah dua hari menjadi lumbung emas, pada Rabu (20/9/2017) siang, tim atletik Indonesia kembali berhasil menambah dua medali emas. Tak cukup hanya emas, ada pula pemecahan rekor Asia yang dibukukan atlet Indonesia.

Medali emas pertama datang dari nomor tolak peluru F20 putri, melalui atlet Suparni Yati dengan torehan tolakan sejauh 11,03 meter. Catatan ini sekaligus memecahkan rekor Asia di nomor serupa yang dipegang atlet Malaysia Nursuhana binti Ramlan sejak tahun 2012 dengan 10,71 meter, yang ditorehkan di Paralimpiade 2012 London.

Nursuhanna sendiri harus puas memperoleh medali perak di tolak peluru F20 ASEAN Para Games ke-9 karena tolakannya yang sejauh 9,66 meter tak mampu melewati torehan Suparni. Adapun perunggu di nomor ini juga didapatkan atlet Malaysia Noor Imanina dengan jarak tolakan 9,6 meter.

Prestasi tersebut pun disambut gembira oleh Suparni yang baru pertama kali mengikuti ASEAN Para Games. Perempuan berusia 24 tahun itu menyebut kunci kemenangan dirinya adalah latihan yang giat. "Selain itu, semuanya berkat dukungan pelatih dan orang tua," ujar Nursuhanna, seperti tertuang dalam rilis yang diterima SINDONews.

Sementara medali emas kedua untuk Indonesia di hari ketiga pertandingan atletik ASEAN Para Games k-9 dipersembahkan oleh Ahmad Fauzi dari nomor tolak peluru F36/37 putra. Ahmad berhasil menolak peluruh sejauh 10,57 meter dan itu tak mampu dilewati dua atlet asal Malaysia yaitu Muhammad Hafiz yang meraih medali perak dengan 10,50 meter dan Tomson Lim Kok Hon yang mendapatkan perunggu dengan tolakan 9,95 meter.

Selain emas, Ahmad Fauzi juga mendapatkan medali perak di hari yang sama dari nomor lempar lembing F36/37 putra dengan lemparan sejauh 34,01 meter. Emas di nomor ini diperoleh Shamli dari Malaysia dengan lemparan 37,21 meter dan perunggu diraup atlet Malaysia Tomson Lim Kok Hon dengan catatan 25,78 meter.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0168 seconds (0.1#10.140)