Dorna Kembangkan Kamera 360 Derajat di MotoGP

Senin, 02 Oktober 2017 - 18:34 WIB
Dorna Kembangkan Kamera 360 Derajat di MotoGP
Dorna Kembangkan Kamera 360 Derajat di MotoGP
A A A
ARAGON - Bermacam inovasi terus dilakukan dalam dunia balap MotoGP. Teranyar, operator balap MotoGP, Dorna, memasang kamera 360 derajat di bagian belakang motor.

Pada balapan di Aragon, Dorna mencoba memasang perangkat tersebut di bagian belakang motor pembalap. Hasilnya, kamera akan memberikan persentasi secara langsung dengan cakupan 360 derajat.

Dikutip Crash.net, Senin (2/10/2017) perangakat baru tersebut dikenal dengan 'sistem zoetrope'. Nama zoetrope diambil dari dari abad ke-19 dan berhasal dari bahasa Yunani yang berarti kehidupan (zoe) dan putaran (tropos).

"Sistem empat kamera baru akan mencakup jangkauan penglihatan 360 derajat. Tidak hanya fungsi, penampilan kamera ini juga akan disesuaikan dengan aerodinamika motor. Nantinya, penonton akan disajikan dengan sensasi yang luar bisa," demikian pernyataan Dorna, dikutip Isportconnect.com.

Sebelum mengembangkan teknologi kamera 360 derajat, Dorna juga baru memperkenalkan virtual pit board di musim 2017. Teknologi yang digunakan di GP Jerman 2017 itu memiliki perinsip kerja mirip short message service (SMS) pada telepon seluler.

Dengan teknologi tersebut, kru masing-masing pembalap bisa mengirimkan pesan singkat di dashboard motor para rider. Namun, tidak semua pembalap menyambut baik indovasi tersebut karena komunikasi pembalap dengan kru umumnya dilakukan pembalap Formula 1 lewat radio tim.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5237 seconds (0.1#10.140)