Saham dan Karier Lionel Messi Terancam Anjlok Pasca-Referendum Catalonia

Selasa, 03 Oktober 2017 - 17:39 WIB
Saham dan Karier Lionel Messi Terancam Anjlok Pasca-Referendum Catalonia
Saham dan Karier Lionel Messi Terancam Anjlok Pasca-Referendum Catalonia
A A A
BARCELONA - Referendum Catalonia tak hanya membawa masalah besar bagi pemerintah Spanyol. Masa depan megabintang Barcelona Lionel Messi pun menghadapi masalah serius jika Catalonia benar-benar menyatakan kemerdekaannya dari Spanyol.

Dilaporkan Daily Star, Pakar sepak bola Spanyol, Don Balon mengatakan referendum Catalonia sangat memangaruhi masa depan Messi. Tak hanya masalah karier di Blaugrana, Messi juga berpotensi kehilangan penghasilan besarnya di La Liga akibat peristiwa politik tersebut.

La Liga memiliki kontrak komersial yang sangat besar dengan Messi. Kesepakatan sponsor antara La Liga dengan Messi bisa terkena imbasnya dari peristiwa politik itu.

Selain Messi, Don Balon mengklaim bintang-bintang besar Barcelona lainnya juga akan bernasib sama. Luis Suarez, Ousmane Dembele atau Marc-Andre ter Stegen semuanya memiliki kepentingan bisnis di luar lapangan.

Barcelona merupakan kota terbesar di wilayah Catalonia. Setelah referendum yang disengketakan akhir pekan lalu, daerah kaya lainnya di Catalonia bisa mencoba dan menyatakan kemerdekaan dari Spanyol.

Don Balon memperhitungkan status Barcelona di La Liga bisa saja diragukan jika Camp Nou tidak bersaing di divisi elit Spanyol. Hal itu akan mebuat saham Messi anjlok.

Setiap Liga Catalan pasti akan jauh kurang kompetitif dan Barca bisa berjuang untuk meningkatkan permainan mereka di Liga Champions.

Barca memainkan laga kontra Las Palmas yang digelar secara tertutup menyusul kerusuhan pascareferendum yang memaksa ribuan pendukung Barcelona tidak diizinkan memasuki stadion.

Meski tanpa kehadiran penonton, Barcelona mampu meraih kemenangan 3-0. Dua gol Messi dan Sergio Busquets memastikan Barcelona meraup kemenangan ketujuh kalinya secara beruntun di kompetisi La Liga.
(kas)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7010 seconds (0.1#10.140)