Manajer Persib, Umuh Muchtar Bebas dari Hukuman Komdis

Rabu, 17 Januari 2018 - 19:04 WIB
Manajer Persib, Umuh Muchtar Bebas dari Hukuman Komdis
Manajer Persib, Umuh Muchtar Bebas dari Hukuman Komdis
A A A
BANDUNG - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar telah terbebas dari hukuman yang sebelumnya diberikan oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Umuh kini boleh beraktivitas lagi dalam setiap kegiatan sepak bola khususnya menemani Persib Bandung dalam seluruh pertandingan.

Sebelumnya Umuh dijatuhi hukuman skorsing atau tidak boleh aktif di dunia sepak bola tanah air selama enam bulan. Hukuman tersebut berlaku sejak keputusan Komdis keluar pada 7 November 2017 lalu. Ketika itu Umuh dinyatakan bersalah karena melakukan provokasi saat Persib menghadapi Persija Jakarta pada 3 November 2017. Selain skorsing, ia juga dijatuhi hukuman denda sebesar Rp50 juta.

(Baca Juga: Komisi Disiplin Jerat Umuh Muchtar dengan Hukuman Berlapis
Namun hukuman yang diterimanya berakhir lebih cepat setelah PSSI melakukan tinjauan ulang terhadap kasus ini. Hal tersebut tertuang dalam surat PSSI yang dikeluarkan hari ini, Rabu (17/1/2018).

"Pertama, membatalkan keputusan Komisi Banding PSSI nomor 13/KEP/KB/LIGA1/XI-2017 tanggal 19 November 2017 tentang hukuman terhadap Sdr Umuh Muchtar. Kedua, memulihkan status Sdr Umuh Muchtar untuk dapat beraktifitas kembali di sepak bola Indonesia sejak tertanggal keputusan ini. Ketiga, surat keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya," bunyi pesan dalam surat PSSI yang dilansir situs resmi Persib Bandung.

Dalam surat itu dijelaskan pula alasan yang melatarbelakangi Komdis untuk mengeluarkan keputusan ini. Mereka telah menerima berbagai bukti yang menjauhkan Umuh dari segala tuduhan.

(Baca Juga: Bukan Degradasi, Ini Hukuman Komdis untuk Persib Bandung
Berikut tiga penjelasan Komdis PSSI:
1. Bahwa pertandingan dimaksud dihentikan (match abandonement) oleh wasit (a. n. Shaun Evans) pada menit ke-85 pertandingan
2. Bahwa alasan pertandingan dihentikan oleh wasit adalah karena wasit diancam oleh pemain Persib dengan nomor punggung 3 atas nama Vladimir Vujovic
3. Bahwa tindakan yang dilakukan oleh Sdr Umuh Muchtar selama pertandingan tidak disebutkan dalam bahan pertimbangan wasit dalam memutuskan untuk menghentikan pertandingan.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0146 seconds (0.1#10.140)