Preview Barcelona vs Alaves: Menanti Pembuktian Coutinho

Minggu, 28 Januari 2018 - 12:27 WIB
Preview Barcelona vs Alaves: Menanti Pembuktian Coutinho
Preview Barcelona vs Alaves: Menanti Pembuktian Coutinho
A A A
BARCELONA - Barcelona punya tugas berat saat menjamu Deportivo Alaves pada jornada ke-21 Liga Spanyol di Camp Nou, Senin (29/1/2018) dini hari WIB. Pasalnya, tim lawan punya misi mencuri tiga poin agar terhindar dari zona degradasi.

Barcelona sebenarnya tidak perlu takut dengan ancaman yang bakal ditawarkan Alaves di pertandingan ini. Karena mereka sudah punya trisula baru yang siap mempermalukan lawannya di Camp Nou.

Sepeninggal Neymar Jr ke Paris Saint Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas lalu, keringat Lionel Messi dan Luis Suarez benar-benar diperas. Itu disebabkan lantaran pelatih Ernesto Valverde lebih banyak menaruh beban berat di pundak kedua pemainnya tersebut.

Baik Messi dan Suarez telah berada dalam bentuk terbaiknya dalam beberapa pekan terakhir. Pemain mungil asal Argentina sejauh ini telah mengoleksi 26 gol dan 12 assist dari 31 pertandingan di semua kompetisi.

Sementara Suarez mengemas 17 gol dan enam assist dari 28 pertandingan di semua kompetisi. Sulit bagi Valverde mengubah pola serangan yang ada saat ini. Namun kedatangan Philippe Coutinho setidaknya bisa mengobati tekanan pada Messi dan Suarez.

Coutinho sendiri sudah memulai debutnya bersama Barcelona saat mengalahkan Espanyol di leg kedua perempat final Copa del Rey. Saat itu, pemain serbabisa tersebut menggantikan Andres Iniesta di menit 68. Kendati belum terlihat memberikan kontribusi besar, tapi banyak pujian yang diterima mantan pemain Liverpool tersebut.

Berarti ada kemungkinan Valverde bakal memainkan Coutinho sejak menit pertama dan jika itu benar terjadi, maka ini kali pertama gelandang serang asal Brasil memulai debutnya di Liga Spanyol. "Ya, dia bisa saja bermain sejak awal, semua itu mungkin. Sekarang, proses adaptasi terus berlangsung, tim Barcelona perlu penyesuaian terhadap pemain baru, dan pemain baru juga butuh seirama dengan Barca," jelas Valverde.

Peran Coutinho sendiri akan dimaksimalkan di posisi winger. Dia punya kemampuan untuk menyisir sisi pertahanan lawan dan diharapkan bisa menompang pergerakan Suarez yang ditempatkan sebagai juru gedor.

Sementara Messi akan lebih fleksibel untuk membongkar pertahanan lawan. Artinya, meraih kemengan menjadi syarat yang tidak bisa ditawar pemain Barcelona. Karena hanya kemenangan yang dapat memperlebar jarak dengan pesaing terdekatnya Atletico Madrid.

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3) Marc-Andre ter Stegen, Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Paulinho, Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho

Deportivo Alaves (4-4-2) Fernando Pacheco, Martin Aguirregabiria, Victor Laguardia, Guillermo Maripan, Ruben Duarte, Ibai Gomez, Daniel Torres, Wakaso Mubarak, Alfonso Pedraza, John Guidetti, Munir El Haddadi

Head to Head


Alaves vs Barcelona 0-2
Barcelona vs Alaves 3-1
Alaves vs Barcelona 0-6
Barcelona vs Alaves 1-2
Barcelona vs Alaves 3-1

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona


Barcelona vs Celta Vigo 5-0
Real Sociedad vs Barcelona 2-4
Espanyol vs Barcelona 1-0
Real Betis vs Barcelona 0-5
Barcelona vs Espanyol 2-0

Lima Pertandingan Terakhir Alaves

Alaves vs Formentera 2-0
Alaves vs Sevilla 1-0
Valencia vs Alaves 2-1
Alaves vs Leganés 2-2
Alaves vs Valencia 2-1
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6088 seconds (0.1#10.140)