Empat Penyebab Yerry Mina Belum Jalani Debut di Barcelona

Minggu, 04 Februari 2018 - 16:05 WIB
Empat Penyebab Yerry Mina Belum Jalani Debut di Barcelona
Empat Penyebab Yerry Mina Belum Jalani Debut di Barcelona
A A A
BARCELONA - Penggemar Barcelona tentunya masih ingat ketika Yerry Mina melepaskan sepatu dan kaos kaki saat menginjakkan rumput Camp Nou, pada 13 Januari 2018 lalu. Pemandangan langka itu terjadi saat klub memperkenalkan pemain yang baru saja didatangkan dari Palmeiras dengan mahar 11,8 juta euro (Rp191 miliar), berdurasi kontrak hingga 30 Juni 2023.

Sayangnya, sambutan hangat penggemar sudah tak lagi dirasakan Mina. Hal ini disebabkan lantaran pelatih Ernesto Valverde belum memberikan kesempatan bermain kepada bek jangkungnya tersebut.

Tapi penantian panjang pemain asal Kolombia untuk merumput bersama Lionel Messi dkk kemungkinan bakal terwujud saat Barcelona bertamu ke markas Espanyol di RCDE Stadium, Minggu (4/2/2018) malam WIB. "Mina bisa bermain, dia dipanggil ke skuat. Saya harus memutuskan antara satu pemain dan pemain lain. Sejauh ini saya telah memutuskan untuk meninggalkan Samuel Umtiti dan Pique di tim. Sekarang Mina dinilai telah lulus dalam proses adaptasinya," kata Valverde.

Ini sebenarnya baru sebatas wacana dan jika Mina tidak dimainkan di pertandingan nanti, maka pemain tersebut akan lebih lama menjadi penghangat bangku cadangan. Lantas, apa alasan yang membuat Valverde belum menurunkan pemain anyarnya itu?

Berikut Empat Hal yang Menjadi Pertimbangan Pelatih Barcelona


1. Adaptasi Gaya Bermain
Mina tiba di Catalonia setelah bermain beberapa tahun di kompetisi Brasil. Gaya permainannya masih dinilai jauh dari karakter Barcelona

2. Jadwal Padat
Terkait jadwal padat Barcelona di semua kompetisi musim ini membuat Valverde pusing untuk menentukan skuat di setiap pertandingannya. Sebenarnya Mina bisa membuat debutnya saat Barcelona bentrok dengan Alaves.

Sayangnya, di pertandingan itu lawan justru unggul lebih dulu dan meninggalkan Barcelona dalam masalah. Begitu pula yang terjadi di laga Copa del Rey, karena Barcelona bertemu dengan tim sulit seperti Espanyol dan Valencia.

3. Stok Pemain Bertahan
Pelatih sadar bahwa bermain sebagai bek tengah di Barcelona bukanlah tugas yang mudah, karena satu kesalahan saja bisa berdampak buruk pada penampilan berikutnya. Karena itu, Valverde tidak ingin hal ini terjadi pada Mina, yang telah tiba di pertengahan musim, membuat segalanya jauh lebih sulit baginya.

4. Bukan Pemain Pelapis

Sebelum tiba di klub, Yerry Mina sudah tahu bahwa duet Gerard Pique-Samuel Umtiti tidak terbantahkan di pusat pertahanan. Namun, di klub seperti Barcelona, ??Karena itu, bek asal Kolombia itu akan berada dalam pertarungan dengan Thomas Vermaelen, yang saat ini cedera, menjadi pilihan ketiga di tengah. Mina harus membuktikan kepada Valverde bahwa dia pantas dimasukkan dalam starting line up Barcelona.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9228 seconds (0.1#10.140)