Persiapan Piala AFF, Timnas U-19 Akan Jajal Kekuatan Jepang

Sabtu, 03 Maret 2018 - 13:06 WIB
Persiapan Piala AFF, Timnas U-19 Akan Jajal Kekuatan Jepang
Persiapan Piala AFF, Timnas U-19 Akan Jajal Kekuatan Jepang
A A A
JAKARTA - Raksasa sepak bola Asia, Jepang, bakal menjadi lawan tanding tim nasional Indonesia U-19. Uji coba internasional yang rencananya digelar Minggu (25/3/2018) merupakan bagian dari persiapan skuad Garuda Nusantara menghadapi Piala AFF dan Piala Asia 2018.

Target tinggi dibebankan PSSI di pundak timnas U-19 dalam sejumlah ajang sepanjang tahun ini. Pada Piala AFF, Rahmat Irianto dibebankan meraih gelar juara. Mereka diharapkan mengulang prestasi timnas era Evan Dimas saat merengkuh gelar Piala AFF U-19 yang kala itu dibesut Pelatih Indra Sjafri pada 2013 di Sidoarjo, Jawa Timur.

Beban tak kalah berat dipikul skuad besutan pelatih Bima Sakti di Piala Asia U-18, di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Pada event dua tahunan yang digelar 24 Oktober sampai 8 November itu, skuad Garuda Nusantara ditargetkan menembus babak semifinal agar bisa lolos otomatis ke Piala Dunia U-19. Berdasarkan regulasi, empat tim semifinalis berhak tampil pada Piala Dunia usia muda.

Sebagai persiapan menghadapi dua ajang tersebut, 23 pemain mengikuti pemusatan latihan timnas U-19 yang rutin digelar setiap bulan. Pada training centre yang berakhir pekan lalu mereka digabung dengan timnas U-23 yang dibesut pelatih kawakan asal Spanyol Luis Milla.
Kedua tim juga saling jajal kekuatan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Hal ini dilakukan lantaran timnas tidak mendapatkan lawan untuk menjalani uji coba resmi.

"Maret ini timnas U-19 akan menggelar satu kali uji coba internasional melawan Jepang U-19. Ini merupakan bagian dari persiapan timnas menghadapi Piala AFF dan Piala Asia," tutur Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Mantan Direktur Kompetisi PT Liga Indonesia Baru ini menjelaskan, laga uji coba yang dijadwalkan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno atau Stadion Pakansari, Bogor, itu diharapkan menjadi ajang bagi pelatih timnas U-19 Bima Sakti mengevaluasi perkembangan anak asuhnya. Pasalnya, mereka terakhir kali tampil di turnamen resmi pada kualifikasi Piala Asia di Korea Selatan, November lalu.

Di sisi lain, jadwal Piala AFF U-19 semakin dekat yakni 2 Juli mendatang. Indonesia yang berstatus tuan rumah tergabung di grup A bersama raksasa sepak bola Asia Tenggara, Thailand, lalu Vietnam, Singapura, Laos, dan Filipina. Sementara grup B diisi Malaysia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, Brunei.

Kepastian uji coba kontra timnas Jepang ini disambut antusias pelatih Bima Sakti yang juga asisten pelatih timnas U-23. Dia menyebut, pertandingan melawan tim kuat asal Asia sangat baik untuk pembentukan mental dan melihat kemajuan tim jelang Piala AFF. "Kami sangat senang timnas U-19 akan melawan salah satu tim kuat di Asia, yakni Jepang pada tanggal 25 Maret nanti. Saya rasa ini uji coba yang bagus buat kami dan kembali untuk melihat kemajuan tim," katanya.

Sebelum uji coba, Rachmat Irianto dkk akan kembali dikumpulkan untuk menjalani pemusatan latihan pada 22 Maret mendatang di Lapangan ABC Senayan. Sementara itu, program pemusatan latihan timnas Indonesia U-16 tak hanya diisi oleh latihan fisik, teknik, strategi, dan uji coba permainan.

Untuk mengikuti Turnamen Jenesys di Jepang pada 8–12 Maret mendatang, para pemain dibekali pengenalan budaya dan bahasa Jepang. Pembekalan materi budaya dan bahasa ini diperlukan karena Turnamen Jenesys tidak hanya soal sepak bola, tapi diselipkan dengan aktivitas pendidikan terutama pengenalan budaya Jepang.

"Acara ini bagus untuk anak-anak, saya berterima kasih kepada Japan Foundation atas perhatiannya kepada kami. Dengan begitu, persiapan kami ke Jepang nanti akan semakin bagus. Kami juga bersama psikolog menyiapkan anak-anak supaya bisa tampil lebih percaya diri," kata Pelatih Fakhri Husaini.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6497 seconds (0.1#10.140)