Rilis Aturan Baru, UEFA Izinkan Pemain Pengganti Keempat

Selasa, 27 Maret 2018 - 19:51 WIB
Rilis Aturan Baru, UEFA Izinkan Pemain Pengganti Keempat
Rilis Aturan Baru, UEFA Izinkan Pemain Pengganti Keempat
A A A
NYON - Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) mengeluarkan regulasi baru terkait aturan main Liga Champions dan Liga Europa. Selain memberlakukan pemain pengganti keempat, UEFA juga membolehkan pemain yang berganti klub tampil di Liga Champions di musim yang sama dengan klub barunya, meski sudah pernah turun bersama klub lamanya.

Dalam pernyataannya, Selasa (27/3/2018), UEFA membolehkan tim untuk menggunakan pengganti keempat di babak perpanjangan waktu dalam laga Liga Champions dan Liga Europa.

Sedangkan pemain yang telah diturunkan oleh satu klub di babak penyisihan grup Liga Champions, dan ditransfer selama bursa Januari, dapat bermain untuk klub barunya di babak sistem gugur. Hal yang sama berlaku untuk Liga Europa. Keputusan baru mulai berlaku musim depan atau 2018/2019.

Aturan saat ini, klub yang lolos ke babak sistem gugur Liga Champions atau Liga Europa diizinkan untuk mendaftarkan tiga pemain baru. Tiga pemain itu termasuk satu pemain yang telah mewakili klub berbeda di babak grup Liga Europa.

Tapi, pemain yang pernah diturunkan klub lain di babak penyisihan grup Liga Champions, tak bisa didaftarkan untuk klub barunya yang tampil di fase knockout Liga champions.

Keputusan saat ini telah mencegah Barcelona mendaftarkan Philippe Coutinho di Liga Champions musim ini karena dia telah bermain untuk Liverpool. Sedangkan Alexis Sanchez memenuhi syarat untuk Manchester United, meski dia turun di Liga Europa bersama Arsenal.

Aturan baru menyatakan bahwa "bahwa klub dapat mendaftarkan tiga pemain baru yang memenuhi syarat tanpa batasan apa pun."

UEFA mengatakan peraturan baru itu membuatnya sejalan dengan aturan liga domestik yang tidak memaksakan pembatasan kelayakan untuk pemain yang terdaftar di klub baru selama jendela transfer musim dingin.

UEFA menjelaskan, pergantian pemain keempat akan diizinkan setelah disetujui oleh badan pembuat undang-undang sepak bola IFAB pada 3 Maret. Dikatakan bahwa 23 pemain, bukan 18, akan diizinkan didaftarkan untuk final Liga Champions dan Liga Europa, serta pertandingan Piala Super Eropa.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5907 seconds (0.1#10.140)
pixels