Preview Belgia vs Jepang: Jaga Lukaku!

Senin, 02 Juli 2018 - 09:01 WIB
Preview Belgia vs Jepang:...
Preview Belgia vs Jepang: Jaga Lukaku!
A A A
ROSTOV - Belgia akan menghadapi Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Rostov Arena, Selasa (3/7/2018) pukul 01.00 WIB. Belgia percaya diri bisa menyingkirkan satu-satunya wakil Asia yang tersisa di Rusia.

Kedua tim datang ke fase knock out dengan kondisi yang berbeda. Belgia menjadi juara Grup G setelah menang 1-0 atas Inggris di laga terakhir. Sementara Jepang beruntung lolos ke babak sistem gugur karena memiliki kartu kuning yang lebih sedikit daripada Senegal.

Jepang dan Senegal memiliki poin, produktivitas gol, dan head-to-head sama namun Tim Samurai Biru -julukan Jepang- berhak lolos sebagai runner up Grup H karena memiliki aspek fair play yang lebih baik.

Meski percaya diri dengan modal tak terkalahkan dalam 22 pertandingan di semua kompetisi, Belgia tetap waspada dengan Jepang yang mengandalkan soliditas tim dan permainan yang terorganisasi dengan baik.

Dalam pertemuan terakhir di ajang persahabatan, tim asuhan Roberto Martinez menang 1-0 atas Jepang di Belgia pada November 2017. Saat itu gol Belgia dicetak Romelu Lukaku. Striker Manchester United itu telah mencetak empat gol dalam dua pertandingan di Rusia sejauh ini dan menjadi kandidat kuat untuk meraih sepatu emas Piala Dunia.

Belgia juga patut mewaspada atas Jepang. Tercatat, dalam lima pertemuan terakhir kedua tim, Jepang hanya menderita satu kekalahan saja. Itu menunjukkan bahwa Samurai Biru merupakan lawan yang cukup kuat.

Roberto Martinez menuturkan bahwa dia tidak mau terlena dengan status sebagai favorit dalam laga nanti. Menurutnya, semua tim di Piala Dunia adalah lawan yang tangguh. Martinez percaya Jepang semakin kuat dari waktu ke waktu.

"Kami memainkan pertandingan yang sangat menghibur di Bruges belum lama ini. Meraka sudah ada perubahan pelatih tetapi tidak ada penurunan kualitas dalam skuat Jepang. Mereka tetap terorganisasi dengan baik dan cenderung meningkat," kata Martinez.

"Secara teknis, sepak bola Jepang sangat kuat, dan kami mengharapkan tim yang sangat kompetitif. Tidak akan ada kejutan besar di laga nanti. Pertandingan ini akan sulit."

"Kesempatan menghadapi Jepang dengan mentalitas yang dimiliki tim adalah momen yang sangat positif bagi kami. Saya tidak berpikir bahwa di Piala Dunia, Anda bisa sukses dengan berharap mendapatkan lawan yang mudah. ​​Kami melihat itu dalam Piala Eropa dua tahun lalu. Semua tim sangat susah untuk dikalahkan."

Sementara itu bek tengah Jepang Maya Yoshida mengatakan laga nanti akan menjadi pembuktian bahwa wakil Asia juga bisa berbicara banyak di Piala Dunia. Mereka bertekad untuk mengulangi sukses Korea Selatan yang berhasil mencapai semi final Piala Dunia 2002.

Untuk memenangkan pertandingan tersebut, pemain Southampton ini pun berujar bahwa timnya akan mencoba untuk menghentikan pergerakan pemain depan Belgia, Lukaku. "Saya paham, Lukaku adalah pemain fantastis dan saya tidak bisa menghentikannya sendiri. Kami harus berjuang. Kami akan Bertahan dan menyerang sebagai tim yang padu."

"Kami belum pernah sampai ke perempat final sebelumnya. Ini tantangan baru bagi kami untuk dilalui, dan semoga kami akan membuat sejarah baru untuk sepak bola Jepang."

Perkiraan pemain

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Kevin de Bruyne, Axel Witsel, Yannick Carrasco, Dries Mertens, Eden Hazard; Romelu Lukaku.
Pelatih: Roberto Martinez

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo, Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi, Yoshinori Muto, Takashi Inui, Yuya Osako.
Pelatih: Akira Nishino

Lima pertemuan terakhir
03-06-1999 Piala Kirin Jepang vs Belgia 0-0
04-06-2002 Piala Dunia Jepang vs Belgia 2-2
31-05-2009 Persahabatan Jepang vs Belgia 4-0
19-11-2013 Persahabatan Belgia vs Jepang 2-3
14-11-2017 Persahabatan Belgia vs Jepang 1-0
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4371 seconds (0.1#10.140)