Kualifikasi Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Diikuti 23 Negara

Rabu, 13 Februari 2019 - 13:49 WIB
Kualifikasi Kejuaraan...
Kualifikasi Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Diikuti 23 Negara
A A A
JAKARTA - Balap sepeda bergengsi di Asia Tour de Bintan 2019 bakal meriah saat berlangsung di Pulau Bintan, 29–31 Maret mendatang. Pasalnya, 23 negara sudah dipastikan turun pada ajang tersebut. CEO dari Tour de Bintan Nathalie Marquet mengatakan ajang ini akan menjadi yang kesembilan kali digelar di salah satu Pulau Sumatera tersebut.

Bahkan, ini tahun ketiga secara beruntun menjadi kualifikasi kejuaraan dunia Union Cycliste Internasional (UCI) Grand Fondo. Jelas, ajang ini akan menarik. Pasalnya, hanya ada dua event di Asia dari 21 event di dunia yang merupakan bagian dari Seri Dunia UCI Gran Fondo. Tour de Bintan menjadi salah satu dari event yang tergabung di dalamnya. Untuk tahun ini Tour de Bintan akan menjadi sangat menarik karena semakin banyak pesepeda yang berasal dari berbagai negara seperti Inggris, Jepang, dan Australia.

“Tujuh pilihan lomba akan disediakan dalam Tour de Bintan bagi pengendara sepeda dari semua tingkatan, kompetisi, atau nonkompetisi. Peserta dapat memilih untuk hanya melakukan satu perjalanan, jarak terdekat adalah 55 km atau dapat juga memilih paket 2-3 hari.

Semua opsi ini adalah yang paling sering mereka pilih,” kata Marquet, kepada media, kemarin. Dua dari tujuh pilihan balapan yang tersedia adalah kualifikasi untuk kejuaraan dunia 2019 di Polandia, yaitu kategori Individual Time Trial yang berjarak 17 kilometer pada Jumat (29/3) siang dan kategori Gran Fondo Classic berjarak 144 kilometer pada Sabtu (30/3) pagi.

Untuk mengamankan posisi di Kejuaraan Dunia, para peserta Tour de Bintan harus menyelesaikan perlombaan dengan menjadi 25% teratas di kelompok usia masing-masing. Acara ini berlangsung tiga hari dan jalur yang akan dilalui merupakan perpaduan pemandangan yang indah di pulau tropis yang eksotik dengan pantai yang menakjubkan, hutan hijau yang rimbun, dan deretan desa indah.

Hal inilah yang akan menjadi pemandangan menarik untuk para peserta nanti. Acara dibuka pada Jumat (29/3) di Lagoi Bay, area Bintan Resorts, dengan kategori Individual Time Trial. Keesokan harinya, kategori The Gran Fondo Classic akan diselenggarakan di Kota Simpang Lagoi yang ramai.

Perjalanan sepanjang 144 kilometer di bagian utara dan timur Bintan ini akan menarik perhatian banyak orang di setiap kota dan desa yang dilaluinya. Perlombaan Minggu (31/3) akan dimulai dan berakhir di Bintan Lagoon Resort dan diikuti perayaan setelah perlombaan, pemberian hadiah, dan makan siang yang meriah di hotel dengan pemandangan tepi pantai yang menakjubkan.

Tour de Bintan yang diselenggarakan Meta Sport, tahun ini akan memindahkan kantor pusatnya ke Bintan Lagoon Resort. Di lokasi yang indah inilah Pre-Race Expo, Tour Dinner pada Sabtu malam, dan kegiatan acara lainnya akan diselenggarakan.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)