Shell Eco Marathon 2019 Kembali Digelar di Malaysia

Kamis, 14 Februari 2019 - 10:42 WIB
Shell Eco Marathon 2019 Kembali Digelar di Malaysia
Shell Eco Marathon 2019 Kembali Digelar di Malaysia
A A A
MALAYSIA akan kembali menjadi tuan rumah ajang Shell Eco-marathon Asia (SEM Asia ) 2019 yang merupakan bagian dari program global “Make the Future Live”. Bertempat di Sirkuit Internasional Sepang, Kuala Lumpur, kompetisi tersebut akan digelar di tempat pertama kali SEM Asia diadakan pada 2010.

Ajang tahun ini sekaligus menandai 10 tahun diselenggarakannya kompetisi yang menantang para mahasiswa untuk mendesain dan merakit beragam mobil hemat energi dan berkompetisi di lintasan balap. “Setiap tahun kami menyaksikan standar performa tim yang semakin meningkat. Begitu juga semangat dan kegigihan para mahasiswa peserta Shell Eco-marathon Asia,” kata Direktur Teknis Shell Eco-marathon Global Shanna Simmons.

“Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia adalah lokasi sempurna yang akan menjadi saksi lahirnya berbagai inovasi baru desain kendaraan. Kami menantikan kembali tahun yang menarik di ajang Shell Eco-marathon Asia,” tambahnya.

Di acara Shell Eco-marathon Mileage Challenge yang berlangsung pada 29 April hingga 2 Mei itu, lebih dari 100 tim dari seluruh kawasan di Asia dan Timur Tengah akan menguji mobil-mobil hemat energi rakitan mereka untuk menentukan siapa yang dapat menempuh jarak terjauh dengan konsumsi energi paling sedikit.

Pada 2018 ketika Singapura menjadi tuan rumah, tim pemenang berhasil melaju sejauh 2.341 kilometer-setara dengan jarak Jakarta-Bangkok, Thailand-dengan menggunakan satu liter bahan bakar.

Para tim mahasiswa juga memiliki kesempatan bertanding di ajang Shell Ecomarathon Driverís World Championship tahun lalu, ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya berhasil menjadi pemenang Driversí World Championship. ITS Team 2 merupakan tim Asia kedua yang menjuarai ajang yang telah berlangsung selama tiga tahun tersebut.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7361 seconds (0.1#10.140)