Timnas Indonesia U-16 dan U-19 Optimistis Tatap Piala Asia

Sabtu, 11 Mei 2019 - 07:41 WIB
Timnas Indonesia U-16 dan U-19 Optimistis Tatap Piala Asia
Timnas Indonesia U-16 dan U-19 Optimistis Tatap Piala Asia
A A A
JAKARTA - Tim nasional Indonesia level U-16 dan U-19 percaya diri menatap kualifikasi Piala Asia 2020. Kombinasi talenta-talenta muda potensial yang saat ini dalam penggodokan dan posisi tuan rumah menjadi modal positif tim Merah Putih.

Drawing Piala Asia U-19 dan U-16 sudah digelar konfederasi sepak bola Asia, AFC di Kuala Lumpur pada Kamis (9/5). Hasilnya, skuad Garuda Nusantara yang dipimpin Fakhri Husaini menempati Grup K Zona Timur bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timur Leste. Pada level U-16, Indonesia tergabung di Grup G Zona Timur bersama China, Brunei, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara.

Menilik kontestan tiap grup, anak-anak Garuda dipastikan harus berjuang ekstra keras untuk bisa melaju ke putaran final tahun depan. Pada level U-19, tiga tim yang akan menjadi lawan Indonesia tidak bisa dipandang remeh. Korea Utara dipastikan akan menjadi lawan terberat anak asuh Fakhri Husaini dalam memastikan satu tiket.

Berdasarkan regulasi AFC, dari total 46 tim yang berpartisipasi, hanya 11 tim yakni dari masing-masing juara grup yang berhak lolos otomatis ke putaran final. Lima slot tersisa akan diperebutkan melalui jalur runner up terbaik dan jatah tuan rumah. Babak kualifikasi akan bergulir 2-10 November mendatang.

Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini mengaku tidak gentar dengan peta kekuatan tim di Grup K. Sebaliknya, pelatih yang kini tengah di Inggris memantau tim Garuda Select itu bersyukur lantaran sudah punya gambaran lawan yang akan dihadapi nanti.

Menurut dia, untuk menghadapi ketatnya perburuan tiket otomatis ke putaran final, pihaknya akan memilih pemain yang mempunyai kualitas serta tangguh dalam hal fisik, teknik, skill, taktik, dan mental. Fakhri menyebut, karakter seperti itu yang dibutuhkan untuk bisa bersaing di level Asia.

“Ketiga lawan kami ini memiliki gaya dan karakter permainan yang berbeda. Kami harus waspada dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Yang jelas kami akan bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita agar lolos ke putaran final Piala AFC U-19 2020,” kata Fakhri.

Pada putaran final Piala Asia U-19 tahun lalu, skuad Garuda Nusantara yang kala itu ditangani Indra Sjafri lolos ke babak delapan besar. Namun, mimpi menembus babak semifinal kandas di tangan Jepang. Sementara itu, pelatih timnas U-16 Bima Sakti Tukiman menilai, lawan di Grup G tidak bisa dipandang remeh. Alasannya, pada level usia, kekuatan timnas tiap negara sangat sulit diprediksi.

Karena itu, fokus utamanya saat ini adalah membentuk kerangka dan membangun tim yang siap bersaing di turnamen. “Saya rasa grup ini kompetitif. Semua lawan harus diwaspadai. Tidak akan ada kami meremehkan satu tim pun yang ada dalam grup ini. Saya hanya ingin fokus bagaimana membangun tim ini agar bisa bersaing di turnamen tersebut,” kata Bima.

Untuk mempersiapkan tim, mantan pelatih timnas senior itu akan menggelar pemusatan latihan di Sawangan, Depok, pada 13 Mei mendatang. Untuk tahap pertama, sebanyak 45 pemain dipanggil menjalani seleksi yang mayoritas berasal dari kompetisi PSSI Elite Pro Academy U-16.

“Nama-nama pemain akan diberitahukan lebih lanjut. Saat ini kami sedang mengumpulkan dan mempersiapkan nama-namanya terlebih dahulu. Rata-rata mereka adalah pemain yang berasal dari kompetisi U-16. Untuk pemain, saya mendapat informasi dan masukan dari pelatih-pelatih lain,” jelasnya.

juga disiapkan untuk bermain dalam turnamen AFF U-16 yang berlangsung tanggal 27 Juli 2019 di mana Indonesia berada di grup A, bersama dengan Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6251 seconds (0.1#10.140)