VADA: Dillian Whyte Lolos Tes Doping Sebelum & Sesudah vs Oscar Rivas

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 06:59 WIB
VADA: Dillian Whyte Lolos Tes Doping Sebelum & Sesudah vs Oscar Rivas
VADA: Dillian Whyte Lolos Tes Doping Sebelum & Sesudah vs Oscar Rivas
A A A
LONDON - Petinju Kelas Berat Inggris, Dillian Whyte, bisa bernapas lega untuk sementara waktu setelah ada notifikasi dari VADA atau Voluntary Anti-Doping Association yang menyatakan dirinya lolos tes doping. Pemberitahuan dari VADA ini bisa menjadi bukti bagi Whyte untuk menjawab tudingan yang menyatakan dirinya memakai doping saat melawan Oscar Rivas dalam pertarungan perebutan juara Kelas Berat WBC Interim pada 20 Juli lalu.

Whyte harus menjalani penyelidikan setelah dinyatakan gagal melalui tes doping dari BadanAnti-Doping Inggris saat mengalahkan Rivas di The O2 Arena. Padahal, dia dinyatakan lolos tes doping yang dilakukan VADA atau Voluntary Anti-Doping Association. Tes doping itu dilakukan sebelum pertarungan pada 17 Juli dan sesudah duel, tanggal 21 Juli.

Whyte pun menyatakan dirinya tidak bersalah untuk menjawab tudingan memakai doping tersebut. Sebelumnya, Rabu lalu, kepada Sky Sports, promotor tinju Eddie Hearn juga mengungkapkan Whyte terus berusaha membersihkan namanya dari tudingan memakai doping.

"Dalam dengar pendapat independen dia bisa membuktikan dirinya bersih. Tanya dirimu mengapa. Mungkin bukti yang diberikan mencukupi untuk membuktikan bahwa dia mungkin tidak bersalah,’’kata Hearn. "Beri dia kesempatan untuk membuktikan itu. Biarkan fakta sebenarnya akan muncul,"lanjutnya.

Whyte harus bisa meyakinkan semua orang yang berpikir dia bersalah atau tidak. "Proses itu telah ditangani Whyte dan pengacaranya. Mereka berusaha untuk meyakinkan namanya dibersihkan dan kebenaran akan muncul,’’lanjut promotor kondang tersebut.

Hearn kemudian menjelaskan mengenai kebijakan badan tinju profesional di Inggris mengenai tahapan petinju sebelum bertarung. Termasuk mengenai tes doping sebelum bertarung. "Kami punya kebijakan ketat di mana setiap orang yang ketahuan melakukan kecurangan akan terkena hukuman,’’ungkapnya.

Status Whyte sebagai penantang wajib dan juara interim ditangguhkan oleh WBC pada Selasa malam."Faktanya kita sudah tahu dia dibersihkan oleh panel Anti-Doping Nasional dan Pengawas Tinju Inggris. Dia tidak dihukum oleh mereka, jadi mengapa WBC menghukum dia?,’’tanya Hearn. ’’Whyte sedang dalam proses membersihkan namanya. Dia bisa bertarung pada Sabtu jika dia menginginkan. Dia tidak dihukum. Dia bersih.

Hearn mengungkapkan kasus doping ini menjadi ujian bagi Whyte dalam upayanya bertarung melawan juara dunia Kelas Berat WBC Deontay Wilder. Beberapa kali upaya Whyte untuk menantang Wilder selalu terganjal.

Karena itu, Hearn merasa heran mengapa WBC begitu reaksional menyikapi kasus dugaan Whyte memakai doping saat melawan Rivas. Apalagi, Whyte sudah lama menunggu kesempatan melawan Wilder. "Butuh 600 hari bagi dia untuk menjadi penantang wajib, itu sangat sulit. Tapi mereka begitu cepat untuk menangguhkan (Statusnya sebagai penantang wajib) tanpa disertai semua bukti,"keluh Hearn.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4329 seconds (0.1#10.140)