Forlan Pensiun, Luis Suarez Ucapkan Terima Kasih

Rabu, 07 Agustus 2019 - 21:01 WIB
Forlan Pensiun, Luis Suarez Ucapkan Terima Kasih
Forlan Pensiun, Luis Suarez Ucapkan Terima Kasih
A A A
HONG KONG - Mantan kapten timnas Uruguay Diego Forlan resmi pensiun sebagai pesepak bola profesional, Selasa (6/8/2019). Pria 40 tahun itu mengakhiri 21 tahun kariernya di mana dia bermain di klub di tiga benua yang berbeda.

"Setelah 21 tahun saya membuat keputusan untuk mengakhiri karier saya sebagai pesepak bola profesional," kata Forlan dalam sebuah pernyataan. "Ini tidak mudah, saya tidak pernah ingin waktu ini datang. Tapi, saya tahu, itu pasti datang."

"Panggung yang indah tertutup, penuh kenangan dan emosi yang hebat, tetapi tantangan baru lainnya akan dimulai. Terima kasih kepada semua yang dengan satu atau lain cara menemani saya di jalan ini!"

Forlan memulai kariernya di Amerika Selatan bersama klub Argentina Independiente, sebelum ditebus Manchester United dengan biaya 6,9 juta pounds atau sekitar Rp119 miliar pada musim dingin 2002.

Dia memenangkan trofi Liga Primer bersama United pada musim 2002-2003 dan meraih Piala FA di musim berikutnya. Setelah membela United dia bergabung dengan klub Spanyol, Villarreal pada 2004.

Bermain di La Liga karier Forlan semakin mentereng. Dia mencetak 128 gol dalam 240 penampilannya di La Liga bersama Villarreal dan klub keduanya di Spanyol, Atletico Madrid. Bersama Atletico, Forlan juga meraih gelar Liga Europa 2009/2010.

Setelah meninggalkan Atletico, Forlan melanjutkan petulangannya di berbagai klub, seperti Internacional, Cerezo Osaka, Penarol, Mumbai City, dan yang terakhir Kitchee.

Mantan kapten timnas Uruguay ini tentunya akan selalu diingat seluruh dunia sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dilahirkan Uruguay. Di timnas Forlan telah mencetak 36 gol dalam 112 penampilannya.

Dia juga mempersembahkan gelar Copa America pada 2011 dan memenangkan gelar pemain terbaik Piala Dunia di Afrika Selatan 2010. Forlan berhasil membawa negaranya menempati peringkat keempat pada saat itu.

Mantan rekan Forlan di timnas Luis Suarez turut menyampaikan pesan kepada mantan kaptennya itu atas dedikasinya dalam sepak bola. "Ini adalah sejarah bagi sepak bola Uruguay. Terima kasih segala hal yang tidak terlupakan yang Anda lakukan dalam hidup sebagai orang Uruguay."

"Untuk tim nasional dan semua tim yang pernah kamu bela," ujar bintang Barcelona itu pada akun twitter resminya. "Saya akan selalu berterima kasih untuk semua yang Anda ajarkan kepada saya, baik di dalam atau di luar lapangan."

"Suatu mimpi untuk bermain bersama idola, Anda akan selalu menjadi legenda Uruguay. Sukses selalu untuk tantangan baru Anda, teman," lanjut Suarez. (Celvin Moniaga Sipahutar)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4479 seconds (0.1#10.140)