Pembalap Toyota Yaris Kuasai Podium JSTC Tingkat Nasional

Kamis, 08 Agustus 2019 - 09:28 WIB
Pembalap Toyota Yaris Kuasai Podium JSTC Tingkat Nasional
Pembalap Toyota Yaris Kuasai Podium JSTC Tingkat Nasional
A A A
JAKARTA - Toyota Yaris mengamankan podium kelas production max 1.600 (P2) dalam Japan Super Touring Car (JSTC) Championship, Minggu (4/8/2019). Dalam balapan touring paling menantang tersebut, pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Haridarma Manoppo dan Demas Agil menggeber Toyota Yaris.

Kedua pembalap Merah Putih itu membuktikan bisa memberikan hasil yang terbaik di ajang JSTC Championship ini. Setelah melakukan persiapan yang matang, Haridarma Manoppo akhirnya meraih podium 1 pada JSTC kelas P2 dan disusul oleh rekan satu tim-nya, Demas Agil pada podium 2.

Kemenangan kedua pembalap TTI ini dilengkapi oleh pembalap privateer yang menggunakan Toyota Yaris, Mirza Putra Utama pada podium 3. Mirza sendiri merupakan pembalap muda dan berbakat yang beberapa kali telah mendapatkan bimbingan dari pembalap TTI. “Di kelas JSTC ini tantangannya berbeda. Kami harus bisa secara cermat me-maintenance kondisi kendaraan untuk tetap prima sepanjang balap berlangsung,’’kata Haridarma.

Menurutnya, sedikit saja terjadi kesalahan dapat membuatnya kehilangan posisi. Itu mengingat banyak mobil dengan spesifikasi mesin yang lebih kuat ikut serta pada ajang ini. ’’Saya bersyukur dengan performa Yaris yang ternyata sangat kuat untuk membantu saya dalam menjaga momentum sehingga tidak mudah bagi pembalap lain untuk dapat melewati saya,”bebernya.

Senada dengan seniornya, Demas Agil yang pada tahun 2019 ini memfokuskan dirinya sebagai pembalap TTI di kelas Touring menyatakan ada keseruan tersendiri turun di kelas JSTC.

’’Berkompetisi dengan mobil yang memiliki spesifikasi dan kelas mesin yang berbeda bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan strategi yang jitu dan konfigurasi mobil yang tepat untuk dapat memenangkan ajang JSTC ini. Saya bersyukur berhasil meraih podium ke-2, setelah memacu performa Yaris secara maksimal dalam bersaing dengan mobil lain yang lebih kuat sehingga dapat mempertahankan posisi terdepan pada ajang ini,” ujar Demas.

Kemenangan tersebut diapresiasi Fransiscus Sorjopranoto selaku executive general manager PT. Toyota-Astra Motor yang merupakan principal TTI. Dia mengatakan bahwa tujuan dari keikutsertaan kedua pembalap TTI di kelas JSTC ini adalah untuk dapat mengembangkan performa mobil dan skill pembalap secara konsisten untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Tidak hanya bertujuan untuk terus memajukan dan meramaikan olahraga balap mobil di tanah air, tetapi ajang JSTC ini juga bisa menjadi sarana bagi kami untuk melakukan riset dalam pengembangan performa Yaris agar semakin kuat,’’jelasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4955 seconds (0.1#10.140)