Kisah Rivalitas dan Persahabatan Alisson Becker-Ederson Moraes

Kamis, 26 Desember 2019 - 21:01 WIB
Kisah Rivalitas dan Persahabatan Alisson Becker-Ederson Moraes
Kisah Rivalitas dan Persahabatan Alisson Becker-Ederson Moraes
A A A
MANCHESTER - Beberapa musim terakhir Liverpool dan Manchester City terlibat persaingan sengit untuk menjadi klub nomor satu di Liga Inggris. Celakanya, penjaga gawang mereka sama-sama berasal dari Brasil.

Kondisi itu membuat Alisson Becker (Liverpool) dan Ederson Moraes (Manchester City) sering dibanding-bandingkan. Tak hanya di kancah domestik, pertanyaan 'siapa kiper terbaik Brasil di Inggris?' juga muncul di panggung-panggung Eropa.

Ketika malam penghargaan kiper terbaik Eropa, orang dibuat pusing dengan pertanyaan di atas. Sebab, Ederson mengantar Manchester City memenangkan empat gelar trofi domestik (Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Community Shield) sedangkan Alisson memenangkan gelar Liga Champions bersama Liverpool.

Gelar Liga Champions itu kemudian disempurnakan dengan 'international treble winners' oleh The Reds -tepatnya setelah mereka sukses mengawinkan Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub pada tahun yang sama. Menjelang akhir tahun 2019, pertanyaan serupa kembali muncul.

Ederson yang menjadi kiper pelapis Alisson di tim nasional Brasil tak luput dari pertanyaan itu. Dikutip Daily Mail, Kamis (26/12/2019) penjaga gawang Manchester City angkat bicara soal rivalitasnya dengan Alisson.

"Anda melihat Eropa dan menemukan dua penjaga gawang Brasil bersaing, tetapi saya lebih suka bicara tentang persahabatan. Saya punya hubungan yang baik dengan Alisson," kata Ederson dikutip Daily Mail.

"Ketika kami menemukan hari libur yang sama, kami berkumpul. Keluarga kami bertemu dan menikmati barbekyu bersama-sama," lanjut kiper Manchester City.

Rivalitas dalam Angka!
Alisson Becker
Ederson Moraes
KlubLiverpool
Manchester City
Postur193cm/88kg
188cm/86kg
Usia27 tahun
26 tahun
Jumlah Pertandingan14
22
Menit Bermain
1.119
1.936
Clean Sheet3
9
Akurasi Umpan86%
87%
Gelar4 (1 Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, 1 Copa Amerika, 1 Piala Dunia Antarklub)13 (1 Copa Amerika, 2 Liga Inggris, 1 Piala FA, 2 Piala Liga Inggris, 2 Liga Portugal, 1 Piala Portugal, 1 Piala Liga Portugal, 1 Piala Super Portugal, 2 Community Shield)

Sejauh ini Alisson masih menjadi pilihan utama tim nasional Brasil. Kiper Liverpool mengantongi 44 pertandingan bersama negaranya, sedangkan Ederson cuma 9 pertandingan. Meski begitu, di level klub, Ederson dianggap lebih baik dari kiper Liverpool.

Bersama Manchester City, Ederson sudah mencetak 42 clean sheet di Liga Inggris. Dia juga sukses membantu Manchester City memenangkan dua gelar Liga Inggris secara beruntun, termasuk memborong empat gelar domestik dalam satu musim.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5135 seconds (0.1#10.140)