alexametrics

Mampukah Djokovic Rusak Rekor Menang Terlama Federer Atas Top 10?

loading...
Mampukah Djokovic Rusak Rekor Menang Terlama Federer Atas Top 10?
Mampukah Djokovic Rusak Rekor Menang Terlama Federer Atas Top 10?
A+ A-
INDIAN WELLS - Dua bulan memasuki musim 2020, Novak Djokovic mencatat rekor menang-kalah 18-0, termasuk rekor 7-0 atas pemain dalam Top 10. Rekor mentereng itu diusung Djokovic menjelang Turnamen ATP Masters 1000 pertama tahun ini di Indian Wells.

Petenis Serbia itu sebelumnya memiliki rekor lima kemenangan Top 10 pada tahun 2016 sebelum dimulainya Indian Wells. Ini mungkin misi yang mustahil, mengingat ia kemungkinan akan menghadapi Rafael Nadal, tetapi bisakah petenis nomor satu dunia itu melewati rekor Roger Federer pada 2004? Ketika itu pemain Swiss tersebut menang 18-0 melawan 10 rival teratas.

Sejauh tahun ini, Djokovic telah mengalahkan 10 pemain berbakat terbaik di Gael Monfils, Daniil Medvedev dan Rafael Nadal dalam perjalanan untuk membantu Serbia memenangkan gelar Piala ATP perdana; Federer dan Dominic Thiem untuk rekor kedelapan mahkota Australia Terbuka. Dia juga menaklukkan Monfils dan Stefanos Tsitsipas untuk meraih trofi Duty Free Tennis Championship kelima kalinya pekan lalu.

"Saya mencoba merangkul momen ini dan menghargai keberadaan saya," aku Djokovic di Dubai. ’’Saya pikir ini telah menjadi salah satu awal terbaik dari semua musim yang saya miliki dalam karir saya. Saya merasa hebat di lapangan. Saya telah bermain tenis hebat di lapangan keras yang merupakan permukaan yang paling sukses dan disukai saya,’’lanjutnya.


Djokovic berusaha untuk menikmati setiap pertandingan yang dilaluinya musim ini tanpa memikirkan prediksi pengamat tenis. ’’Saya hanya bersyukur bahwa saya bermain bagus, merasa baik. Saya telah memenangkan banyak pertandingan sekarang berturut-turut. Saya akan mencoba untuk terus berlari itu. Terlalu dini untuk berbicara tentang berapa lama mungkin berjalan, perhitungan. Saya mencoba untuk tidak memikirkan prediksi.



Sementara kemenangan beruntun Top 10 terpanjang Djokovic adalah 17 antara 2015 dan 2016, Federer membukukan 24 kemenangan Top 10 berturut-turut dari 2003 hingga 2005, yang merupakan rekor terpanjang (sejak 1980). Nadal, dua kali beruntun mencatat kemenangan 13 pertandingan melawan Top 10 pada tahun 2012 dan 2013, kemudian juga pada musim 2013. Petenis Spanyol itu bermain 26-1 melawan para pemain elite selama dua pertandingan berturut-turut ini, dengan dua kemenangan beruntun dengan kekalahan dari Djokovic di final Rolex Monte-Carlo Masters 2013.

Sebelum tahun 2000, John McEnroe, yang pertama kali menjadi No.1 pada 3 Maret 1980, memiliki rentetan kemenangan Top 10 musim tunggal terpanjang dengan 16 kemenangan pada tahun 1984, ketika ia mencatat rekor 82-3 yang gemilang untuk kemenangan beruntun terbaik (96.5) ) dalam sejarah ATP Tour.

Selain mengejar Top 10 beruntun, Djokovic berfokus pada usahanya untuk memecahkan rekor Federer 310 minggu di No 1 di FedEx ATP Rankings. Petenis Serbia, yang telah menghabiskan 280 minggu di posisi teratas, saat ini hanya enam minggu di belakang Pete Sampras yang berada di posisi kedua (286 minggu) selama sebagian besar minggu di puncak tenis profesional pria.

Dengan hanya 45 poin untuk dipertahankan di turnamen Indian Wells yang akan datang, Djokovic akan bertujuan untuk memperpanjang 320 poin keunggulannya atas Nadal (9.850). Jika Nadal meraih mahkota BNP Paribas Open, Djokovic (10.220) harus mencapai setidaknya semifinal untuk mempertahankan cengkeramannya di No.1.
(aww)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top