14 Perguruan Tinggi Bertarung di Liga Mahasiswa Badminton Jateng-DIY

Minggu, 08 Maret 2020 - 23:59 WIB
14 Perguruan Tinggi Bertarung di Liga Mahasiswa Badminton Jateng-DIY
14 Perguruan Tinggi Bertarung di Liga Mahasiswa Badminton Jateng-DIY
A A A
SEMARANG - Sebanyak 14 perguruan tinggi (PT) di Jateng dan DIY akan bersaing di Liga Mahasiswa (Lima) Badminton: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 8 yang dihelat di GOR Prof Soedarto Universitas Semarang (USM), pada 8-15 Maret 2020.

Ke-14 perguruan tinggi yang akan berlaga di Lima Badminton regional Jateng-DIY itu diantaranya, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Khatolik (Unika) Soegijapranata, UIN Wali Songo Semarang, Universitas PGRI Semarang, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Jendral Soedirman (Unsoed), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

Public relations Liga Mahasiswa Nurul Naafi'ah menyampaikan, LIMA Badminton: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 8 yang digelar di USM, akan menjadi pergelaran conference ketiga setelah East Java Conference dan Greater Jakarta Conference.

Menurutnya, kompetisi bulu tangkis antarmahasiswa di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta tersebut akan digelar dengan mempertandingkan tiga kategori, beregu putra, beregu putri, dan perseorangan.

"Di kelas perorangan akan dipertandingkan tiga nomor, yaitu tunggal putra, putri, ganda campuran. Untuk kategori beregu putra, ada lima nomor yaitu tunggal, ganda, triple, tunggal, ganda. Sedangkan untuk kategori putri, ada tiga nomor yaitu tunggal, ganda, triple. Untuk kelas atau nomor tripel memang hanya ada di Liga Mahasiswa, jadi di lapangan nanti ada enam atlet, masing-masing tim ada tiga atlet badminton yang bertanding," terang Nurul saat jumpa pers di Semarang, Sabtu (7/3/2020) malam.

Dia menambahkan, setiap kategori akan diambil empat universitas untuk maju mewakili Jateng di Liga Mahasiswa Nasional. Pelaksanaan putaran nasional, rencananya akan dilaksanakan di Bandung 20 Maret 2020 mendatang.

"Pelaksanaan di regional Jateng-DIY, kami bekerja sama dengan Pengprov Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jateng. Khususnya terkait teknis pelaksanaan, misal penyediaan wasit dan lainnya," jelasnya.

Sementara, Chief Executive Office Liga Mahasiswa, Ryan Gozali berharap, LIMA Badminton: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 8 ini dapat melahirkan para atlet berprestasi di kancah nasional.

Pihaknya juga berharap para peserta dari tiap kampus yang berpartisipasi, dapat menunjukkan kemampuan terbaik untuk bisa maju ke tingkat nasional.

"USM dan Semarang memiliki sejarah yang panjang untuk perhelatan LIMA Badminton Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference. Saya sangat senang dan bangga kami bisa kembali hadir ke kota ini," pungkasnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7237 seconds (0.1#10.140)