Roy Hodgson punya kenangan di Swedia

Sabtu, 16 Juni 2012 - 12:05 WIB
Roy Hodgson punya kenangan di Swedia
Roy Hodgson punya kenangan di Swedia
A A A
Sindonews.com - Pelatih Inggris Roy Hodgson punya memori manis dengan Swedia. Di Swedia sendiri Roy dijuluki sebagai Swedish Roy. Pertemuan dengan Swedia dalam lanjutan penyisihan Grup D Piala Eropa 2012 membuatnya terkenang dengan memori 22 tahun silam sejak dia meninggalkan Swedia.

Kontribusi Roy yang masih fasih berbahasa Swedia itu tetap dipuja pecinta klub Halmstad BK. Meski degradasi tim itu terdegradasi sebelumnya, Roy datang untuk mengangkat Halmstad pada tahun 1976.

Memulai karir sebagai manajer di tahun tersebut, Roy menghabiskan lima tahun di Halmstad dengan memenangkan kejuaraan liga pada tahun 1976 dan 1979. Keberhasilannya di Halmstad pada tahun 1976 dianggap salah satu kejutan terbesar sepanjang masa di sepak bola Swedia. Pada awal karirnya, dia dijuluki orang terbaik di dunia. Lalu hijarah ke klub Orebro (1983-1984) di klub Malmo (1985-1989) dimana dia memenangkan gelar lima kali.

“Tidak diketahui bagaimana memilih datang ke Swedia. Tetapi dia mendapat nama besar karena cara dia membawa pengaruh baru kepada sepak bola Swedia,” kata manajer Swedia Erik Hamren dilansir Dailymail.

"Kita tidak akan pernah melupakan dia untuk apa yang dia lakukan untuk sepakbola Swedia. Aku tak sabar untuk bertemu dengannya tapi saya berharap ia memiliki sakit kepala setelah pertandingan ini,” jelas Hamren.

Sepak bola Swedia memang dikenal mirip dengan karakter permainan Inggris. Selain Roy yang dipuja warga Swedia, rekannya Bobby Houghton yang pernah mengembara ke Swedia secara tak langsung memberikan sistem taktis Inggris pada jiwa sepak bola di negeri Skandinavia tersebut.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6504 seconds (0.1#10.140)