Tim gantole Jogjakarta tak gentar kekuatan lawan

Rabu, 29 Agustus 2012 - 23:28 WIB
Tim gantole Jogjakarta tak gentar kekuatan lawan
Tim gantole Jogjakarta tak gentar kekuatan lawan
A A A
Sindonews.com - Tim Gantole DI Jogjakarta tidak gentar menghadapi kontingen unggulan di PON XVIII. Mereka siap bersaing dengan tim kuat asal DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Jika kondisi cuaca sekitar venue laga gantole pada ajang PON di Riau mendukung, tidak mustahil DIY bisa membukukan dua medali emas. Pasalnya, kondisi cuaca menjadi salah satu faktor penentu untuk cabor ini.

Pelatih sekaligus atlet tim gantole DIY A Munandar mengatakan, tim gantole dari kontingen unggulan di cabang olahraga (cabor) seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah memiliki pesawat sendiri. Namun, memiliki pesawat sendiri bukan menjadi penentu kemenangan. "Mereka kontingen unggulan di cabor ini, tapi kami tidak gentar sama sekali," katanya, kemarin.

Menurut dia, pada cabor ini faktor yang paling menentukan meraih kemenangan adalah cuaca yang mendukung. "Jadi kami berharap di Riau nanti saat lomba, kondisi cuaca mendukung. Kalau kondisi cuaca mendukung kita tidak gentar dengan daerah lain meski mereka punya pesawat sendiri," jelasnya, kemarin.

Untuk itu, Tim Gatole DIY sudah melakukan latihan intensif di Bandara Wirasaba Purbalingga, Jawa Tengah. Medan latihan di Wirasaba sama persis seperti pada lomba resmi di Riau mendatang. "Kita memilih latihan di Purbalingga karena karakteristiknya sama dengan kondisi tempat berlangsungnya lomba pada PON. Kita juga sudah menjalani latihan di Telomoyo, terbang dari gunung dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaaan laut," paparnya.

Pria yang akrab disapa Bendol ini menambahkan, dengan kondisi cuaca yang mendukung pihaknya optimistis bisa mendulang medali untuk Kontingen DIY. Dia mengakui, cabor ini termasuk yang diandalkan bagi DIY untuk meraih pundi-pundi medali. "Targetnya dua medali emas, tapi dapat satu (medali emas) juga sudah bagus," ungkapnya.

Munandar mengatakan, pada PON Riau, ada 4 nomor yang dilombakan. Namun, DIY hanya mengikuti 2 nomor yakni untuk nomor ketepatan mendarat dan cross country. "Kita hanya ikut di dua nomor, namun di dua nomor itu kita berpeluang meraih medali, syukur (medali) emas," imbuhnya.

Dia mengakui, saat ini Tim Gantole sudah mengakhiri latihan terbang. Pesawat yang digunakan untuk lomba di Riau juga sudah dikemas dan diberangkatkan kemarin. Saat ini Tim Gantole hanya menggelar latihan fisik. "Pesawat diberangkat siang ini (kemarin), kita menyusul berangkat pada 7 September mendatang," ujarnya.

Sementara itu, untuk Tim Aeromodeling DIY sudah berangkat lebih dulu ke Riau dibanding personel dari cabor lainnya. Pasalnya, untuk cabor ini perlu mempersiapkan piranti yang digunakan serta cek venue. Mereka berangkat kemarin.

"Kita berangkat lebih awal, karena harus menyiapkan alat perlengkapan lomba sekaligus agar para atlet hapal dan terbiasa dengan kondisi di lapangan," kata Pelatih Tim Aeromodeling DIY Tunjung Prastowo.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7779 seconds (0.1#10.140)