Bonus PON lebih besar dari SEA Games

Kamis, 30 Agustus 2012 - 23:33 WIB
Bonus PON lebih besar dari SEA Games
Bonus PON lebih besar dari SEA Games
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum KONI DIY Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabu Kusumo menegaskan bonus atlet peraih medali pada PON XVIII Riau jauh lebih besar dibandingkan PON sebelumnya. Bahkan nominal bonus lebih besar daripada yang digelontorkan bagi atlet DIY yang menyumbang medali di SEA Games 2011.

Gusti Prabu mengatakan, bonus bagi atlet yang membawa pulang medali pasti diberikan. Nominalnya berbeda untuk peraih medali secara perorangan atau beregu. "Saya belum memastikan angkanya, namun yang pasti bonusnya lebih besar dari PON sebelumnya, kira-kira naik dua kali lipat," ungkapnya, Kamis (30/8/2012)

Pada PON empat tahun lalu, atlet perorangan peraih medali emas diberi bonus Rp 50 juta. Artinya, bonus yang diberikan kepada atlet perorangan peraih medali emas pada PON Riau mencapai Rp 100 juta. "Ya kira-kira segitu. Tapi itu belum pasti baru sebatas gambaran saja, dua kali lipat naiknya," kata Gusti Prabu.

Dia mengatakan, bonus diberikan untuk memberi motivasi kepada atlet saat berlatih da bertanding resmi di ajang multiolahraga empat tahunan tersebut. Dia berharap, bonus yang bakal digelontorkan lebih besar ini bisa berbanding lurus dengan perolehan medali di PON mendatang. "Kami berharap di PON Riau target 20 emas atau masuk 10 besar tercapai," pintanya.

Namun Gusti Prabu menegaskan, atlet yang dikirim pada PON tersebut bukan semata-mata berjuang untuk mendapatkan bonus. Dia yakin, para atlet punya semangat untuk mengharumkan nama DIY dari pada bonus.

"Saya yakin atlet yang meraih medali bukan semata-mata karena ingin bonus, tetapi berjuang mengharumkan nama DIY di kancah nasional. Semangat berprestasi lebih tinggi dari pada sekadar bonus," ungkapnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengatakan, pemerintah daerah memastikan bonus kepada atlet yang berpretasi di PON Riau. Bahkan, nominal bonus lebih tinggi dari pada yang diberikan kepada atlet DIY penyumbang medali emas di SEA Games 2011 lalu. "Tidak perlu khawatir, bonus pasti ada, jumlahnya lebih besar dari (bonus) SEA Games 2011 lalu," ungkapnya.

Sultan juga enggan membeberkan nominal bonus tersebut. Dia hanya ingin para atlet lebih fokus dipertandingan dari pada memikirkan besaran bonus. "Angkanya tidak perlu disebutkan. Yang penting kalian (para atlet) berjuang sungguh-sungguh mencapai hasil terbaik," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0609 seconds (0.1#10.140)