Catania dan Roma salahkan keputusan wasit

Selasa, 30 Oktober 2012 - 09:58 WIB
Catania dan Roma salahkan keputusan wasit
Catania dan Roma salahkan keputusan wasit
A A A
Sindonews.com - Korps wasit Italia menjadi sasaran tembak pada giornata 9 Seri A, Minggu (28/10).Beberapa jam setelah Catania menuduh Andrea Gervasoni sebagai biang kekalahan 0-1 dari Juventus di Angelo Massimino,AS Roma menyalahkan Davide Massa yang dinilai membuat kekalahan 2-3 tercipta dari Udinese di Olimpico Roma.

AllenatoreZdenek Zeman menyebut “lemahnya konsentrasi”dan “buruknya kepemimpinan wasit”sebagai penyebab utama kekalahan Il Lupo.Yang dimaksud “lemahnya konsentrasi”adalah kemasukan tiga gol setelah sempat unggul 2-0. Sementara “buruknya kepemimpinan wasit”adalah sejumlah keputusan yang dinilai tidak tepat.Dua di antaranya terkait penalti yang diberikan akibat pelanggaran Leandro Castan kepada Roberto Pereyra pada menit ke-87 serta kartu merah Panagiotis Tachtsidis saat additional time babak kedua.

“Setelah mengamati rekaman pertandingan,sangat jelas hal itu bukan pelanggaran.Tidak ada alasan yang membenarkan wasit memberi mereka (Udinese) penalti,”kata Zeman,seusai pertandingan,kepada Sky Sport Italia. Sementara untuk pengusiran Tachtsidis, Zeman terlihat marah besar.Pelatih tertua di Seri A itu merasa wasit tidak seharusnya memberikan kartu kuning kedua hanya karena Tachtsidis melakukan protes. “Malam ini (dini hari kemarin),Pablo Armero meludahi Tachtsidis yang hanya berjarak beberapa meter dari ofisial keempat.Tapi,dia tidak melakukan apa pun.Bagi saya,ini sangat menentukan,” tutur Zeman.

Uniknya,beberapa jam sebelum Zeman mengecam Massa,Catania telah lebih dulu menghujat Gervasoni.Gli Elefantimenyebut sang pengadil lapangan mengeluarkan sejumlah keputusan kontroversial.Pertama, gol Gonzalo Bergessio dianulir.Wasit beranggapan telah terjadi offside,meski faktanya tidak.Kedua,gol Arturo Vidal berawal dari umpan Nicklas Bendtner yang offside.Ketiga,wasit mengusir Giovanni Marchese dari lapangan dan Presiden Klub Antonino Pulvirenti dari bench. Tidak hanya itu,seusai laga,Pulvirenti juga menuduh para pemain cadangan La Vecchia Signoraikut memprovokasi, mengintimidasi,serta memengaruhi keputusan wasit.“Ini insiden ketiga yang merugikan kami.

Sebelumnya,laga melawan Parma dan Inter Milan.Sekarang (Minggu 28/10),kita semua menyaksikan apa yang terjadi.Ada tujuh ofisial pertandingan dan tidak satu pun yang memperhatikannya,”kata Pulvirenti, dikutip Football Italia. Menanggapi keluhan kubu Catania,para petinggi Juventus ternyata tidak tinggal diam.Direktur Umum Giuseppe Marotta sepakat dengan Pulvirenti dan menilai wasit memang berbuat kesalahan.Namun, dia beranggapan,Juventus tetap pantas meraih poin sempurna di Pulau Sisilia. Marotta yakin,meski gol Catania disahkan, Juventus tetap akan bisa saja membalikkan keadaan karena tampil lebih dominan.

“Gol Catania memang bersih.Wasit membuat kesalahan dengan menganulir gol itu.Tapi,itu belum tentu akan menentukan hasil akhir pertandingan.Kami tetap akan bisa membalikkan keadaan.Jujur,memang wasit membuat sejumlah kesalahan. Namun,secara objektif harus diakui Juventus sangat pantas mendapatkan kemenangan di pertandingan itu,”pungkas Marotta
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6676 seconds (0.1#10.140)